LAGI-LAGI DIMANIPULASI

Posted: October 19, 2013 in Nyinyir
Tags:

1377575_3537198086797_1458067813_nOKE, bulan ini saya jalan-jalan ke toko buku Kinokuniya karena memang ingin mengoleksi majalah baru yang banyak terbit di bulan Oktober. Saya memang pecinta majalah. Apabila ada artikel yang saya pikir menarik, maka saya akan membelinya. Tak semua majalah sih saya beli, terhitung hanya majalah Cosmopolitan Men yang terbit empat bulan sekali dan majalah DaMan yang terbit dwibulanan yang saya beli tiap edisinya.

Nah, saya penasaran dengan majalah luar paling terkenal yang dibidani oleh Jeung Anna Wintour: Vogue. Bagaimana sih isinya? apa memang sebegitu hebatnya seperti yang dibicarakan oleh banyak orang hingga dibuat film dokumenter berjudul The September Issue yang menceritakan proses pembuatan majalah Vogue edisi September 2007? Akhirnya sayapun membeli satu eksemplar Vogue US yang bersampul gambar aktris yang sedang naik pamor berkat film Gravity tahun ini, Sandra Bullock. Harga majalahnya juga lumayan mahal buat kantong karyawan dan bikin saya meringis.

Yup! seperti yang bisa saya duga. Mbak Anna (Wintour) memang gemar sekali me-retouch foto para model dan selebritas yang muncul di majalahnya. Ini bisa saya lihat dari cover mbak Sandra Bullock yang wajahnya terlihat mulus dan wajah yang lebih tirus.

sandra-bullock-vogue-cover-744x1024

Kebiasaannya ini bukannya tak pernah menuai protes dan kritik. Ingat kasus edisi September tahun 2012 lalu yang menampilkan ikon penyanyi pop Lady Gaga sebagai model sampul? betapa absurdnya Gaga yang terlihat seperti manekin kurus padahal saat itu berat badannya sedang melonjak. Hal ini diperjelas dengan beredarnya video pemotretan cover di youtube. Jelas-jelas di situ tubuh Lady Gaga terlihat besar. Selain itu, jika anda pernah menonton film The September Issue, terlihat dalam beberapa adegan, Anna tampak gemas dengan foto-foto yang dianggapnya tidak bagus dan ingin agar ‘diperbaiki’ dengan photoshop.

reg_1024.gaga.ls.83012_copy

Nampaknya Anna mengabaikan protes orang-orang sekitarnya untuk tidak mendzolimi foto-foto para model dan selebritas sebelum naik cetak. Pemrotes menyebut tindakan ini sebagai pengaburan realita dan tidak menyajikan keadaan sebenarnya sehingga membohongi ekspektasi pembaca bagaimana arti kecantikan itu sesungguhnya. Maksud saya, hey! Sandra Bullock adalah aktris senior yang aged gracefully (kecantikannya sesuai dengan bertambahnya usia) di usianya yang ke 49 tahun ini, seharusnya kita semua sadar, kerutan atau tanda-tanda penuaan memang seharusnya sudah muncul tanpa mengurangi kecantikannya.

sandra-bullock-blush-main

Nah, untuk ‘dalemannya’, ternyata saya membayar terlalu mahal untuk membeli majalah yang isinya ‘iklan melulu’😦. Memang ada artikel yang berbobot, termasuk wawancara dengan Sandra Bullock sendiri mengenai kehidupannya dan kecintaannya pada keluarga (sekaligus melatih Bahasa Inggris saya). Tapi yah… isinya memang tidak jauh dari jualan produk kecantikan dan keglamoran lengkap dengan foto-foto hasil manipulasi photoshop. Bahkan fashion spread yang saya harap bisa untuk ‘dicontek’ sedikit gayanya untuk hobi fotografi saya, ternyata tidak se-wah yang saya duga.

Tampaknya manipulasi itu terus berlanjut. Vogue baru saja merilis foto-foto sampul edisi November 2013 dengan menampilkan aktris senior Kate Winslet. Di usianya yang ke-38 sang aktris yang sedang hamil ini tampak terlalu kurus pada galeri foto hasil jepretan Mario Testino. Kate yang memang bertubuh curvy berisi (dan dia bangga akan hal itu) pernah murka 10 tahun lalu saat dirinya terlihat sangat kurus pada sampul Majalah GQ. Selain itu, pada sampul majalah Vogue, wajahnya juga terlihat sangat “plastik” tanpa kerutan dengan mata seperti kelereng dan rambut yang warnanya tidak nampak natural. Hmm… bandingkan dengan foto-foto mereka saat dijepret tanpa manipulasi foto. Bagaimana pendapat anda?

1381926203_kate-winslet-vogue-cover-467

1381800551_kate-winslet-vogue-467

Screen-Shot-2013-10-16-at-6.45.35-AM-500x386

kate-1200x630

@windddo

Comments
  1. sy berumur sm dgn si kate ini loh tp puji Tuhan kerutan2 blom ada. Thnks God.

Leave a Reply

