THE CALL: Aksi Heroik Operator 911

Posted: August 18, 2013 in Resensi Film/TV
Tags: , ,

The-Call-Image-2SEORANG remaja bernama Leah Templeton menelepon 911, nomor untuk panggilan darurat di Amerika, mengatakan bahwa dirinya diincar seorang pria yang berusaha masuk ke dalam rumahnya. Kebetulan, penerima telepon tersebut adalah wanita bernama Jordan Turner (Halle Berry). Karena sebuah kecerobohan yang dilakukan Jordan, pria yang ternyata seorang penculik dan pembunuh berantai tersebut berhasil menemukan Leah dari persembunyiannya dan nasib Leah berakhir tragis tewas di tangannya. Jordan yang merasa bersalah tak bisa menghilangkan kejadian itu dari pikirannya sehingga dia memilih mundur dari kursi operator dan menjadi mentor 911. Enam bulan kemudian, pelaku penculik itu beraksi kembali. Korbannya kali ini remaja putri bernama Casey Welson (Abigail Breslin) yang diculik pelaku yang sama dari sebuah mall. Sayangnya, Casey sulit untuk dilacak keberadaannya dengan GPS karena menggunakan telepon seluler prabayar. Sementara itu, dirinya sedang disekap dalam bagasi mobil. Merasa bahwa kejadian yang sama terulang, Jordan mengambil alih pelacakan Casey. Dibantu Paul, kekasihnya yang juga seorang polisi, Jordan memberikan instruksi melalui telepon kepada Casey agar dirinya bisa terlacak dan dapat meloloskan diri.

Sejak awal, sutradara Brad Anderson membuat penonton gemas dengan menampilkan kelicikan penculik yang selalu berhasil menghalangi niat Casey meloloskan diri. Di pihak lain, penonton juga ikut merasakan kegelisahan Jordan yang seolah ingin menebus kesalahannya untuk tidak membiarkan jatuh korban selanjutnya, sambil berharap sambungan telepon tidak terputus. Motif penculik dijelaskan tak terlalu rumit, karena sebenarnya film ini bertujuan agar penonton ikut larut dalam drama pengejaran dan aksi kucing-kucingan antara petugas operator 911 yang menjadikan kasus ini menjadi personal, dengan penculik psikopat itu. Gemas juga melihat polisi yang selalu ketinggalan jejak dan seolah kalah pintar dengan penculik walau akhirnya identitas penculik itu bisa diketahui.

Halle Berry yang dikenal sebagai Storm dalam waralaba X-Men pernah menerima Oscar untuk aktingnya dalam film Monster’s Ball (2001). Sayangnya, setelah itu dia seolah tak mendapat peran-peran menantang, apalagi sejak memerankan gadis Bond dalam film Die Another Day. Aksinya menyelamatkan korban penculikan pernah dia perankan dalam film bertema psikologis-supranatural Gothika (2003) yang mendapat review kurang bagus. Untungnya, film ini terbantu dengan tempo yang stabil, dan karakter Jordan tak berubah menjadi superhero dadakan yang tangguh ketika harus berhadapan langsung dengan sang pembunuh. Walau masih mengedepankan stereotip psikopat sebagai lelaki kaukasia yang ‘tampak normal’ serta calon korban yang semuanya berambut pirang dan bermata biru, film ini layak tonton bagi anda penggemar film thriller.

@windddo

THE CALL (2013) | Sutradara: Brad Anderson | Pemain: Halle Berry, Abigail Breslin, Morris Chestnut | Penulis: Richard D’Ovidio | Troika Pictures, WWE Studios | Durasi:

poster-xlarge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s