COBA-COBA KAMERA PROSUMER FUJIFILM S2980

Posted: August 10, 2013 in Tips
Tags: , , ,
Kamera FujiFilm FinePix S2980

Kamera FujiFilm FinePix S2980

GEMAS rasanya ketika saya sedang membawa kamera saku digital, ada momen yang ingin saya abadikan dengan kamera namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang saya inginkan. Yah, namanya juga kamera saku digital, jangan bandingkan dengan para profesional yang sudah dipersenjatai dengan kamera SLR yang tentu saja, hasil foto ciamik (bahasa jaman kapan ini?) dengan mudah mereka dapatkan.

Bosan dengan hasil foto yang begitu-begitu saja, tak peduli berapapun jumlah megapixel yang bisa dihasilkan oleh sebuah kamera saku, saya iseng-iseng mengintip jenis kamera prosumer atau bridge camera di internet. Konon, kamera ini menyasar pengguna yang ingin belajar fotografi dengan memanfaatkan fungsi manual, namun masih bisa mendapatkan fungsi otomatis penuh layaknya kamera saku digital. Itulah sebabnya kamera ini disebut prosumer atau gabungan dari professional dan consumer, atau bridge camera, kamera penguhubung yang menjembatani pengguna sebelum menggunakan kamera SLR profesional.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada kamera merek FujiFilm FinePix type S2980. Kebetulan saat itu sedang ada promosi harga di toko online. Setelah saya gugling sana-sini mencari referensi, kamera yang waktu saya beli berharga 1.5 juta ini tampaknya mendapat review cukup bagus dari penggunanya. Soal harga, kamera s2980 ini memang paling terjangkau di antara merek lainnya. Setelah membulatkan tekad, saya akhirnya membeli kamera ini untuk menggantikan kamera saku digital saya. Berikut beberapa catatan setelah saya menggunakan kamera FinePix s2980 ini:

1. Kamera

Kamera S2980 saat pembelian dilengkapi dengan buku manual, CD, tali, penutup lensa, baterai AA 4 buah, tas kamera, serta kartu memori SD 8 Giga. Jadi, kamera bisa langsung digunakan karena sudah disediakan baterai dan kartu memori. Kamera ini menggunakan 4 buah baterai alkalin tipe AA. Selain itu, bobotnya cukup ringan dan penampilannya mirip dengan kamera SLR.

2. Fungsi otomatis

Masih bingung dengan pengaturan manual pada kamera? S2980 menghadirkan pilihan SRAuto untuk memilih hasil terbaik pada setiap bidikan kamera kamu secara otomatis. Sambil coba-coba, kamu bisa memilih menggunakan mode ini untuk pengambilan foto. Bahkan pada mode potret, kamera ini dapat memberitahu kita bila objek foto kita mengedipkan matanya.

3. 18x optical zoom dan fungsi super makro

Ini mungkin yang membuat kamera FujiFilm s2980 terasa bedanya dengan kamera saku biasa. Kemampuan zoom optik hingga 18x membuat kita nyaman mengambil gambar objek yang letaknya agak jauh tanpa khawatir foto yang dihasilkan menjadi pecah atau blur. Selain itu, kita bisa mengambil gambar super dekat atau makro dengan detail yang tajam dari jarak 2 sentimeter.

4. Fote Bokeh alias efek blur

Walau bukan fitur utama, kamu juga bisa menghasilkan foto dengan efek blur atau bokeh seperti pada kamera SLR. Caranya, gunakan zoom optik dengan jarak yang cukup jauh terhadap objek, tekan tombol rana setengah hingga fokus objek didapatkan. Nah, setelah objek terfokus, otomatis latar belakang akan menjadi blur dan kamu tinggal menekan penuh tombol rana untuk mengambil foto. Hasil yang sama bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fungsi makro. Memang hasilnya tak se-creamy bokeh dengan kamera SLR, tapi menurut saya cukup memuaskan.

Berikut beberapa hasil jepretan saya saat menggunakan kamera FujiFilm s2890:

Foto dengan efek zoom hingga latar belakang blur

Foto dengan efek zoom hingga latar belakang blur

AAAA-002

Foto mode portrait - close up zoom

Foto mode portrait – close up zoom

 

Foto outdoor - Masjid Al-Fatah, Ambon

Foto outdoor – Masjid Al-Fatah, Ambon

Indoor - Masjid Al-Fatah, Ambon

Indoor – Masjid Al-Fatah, Ambon

Candid - with 12x optical zoom

Candid – with 12x optical zoom

Outdoor - Dermaga kota Ternate sore hari

Outdoor – Dermaga kota Ternate sore hari

 

@windddo

 

 

Comments
  1. ChaCha Spicy says:

    Keren..🙂

  2. Jadi pengin beli ni kamera…….

  3. Mantap Gan … waktu beli harganya masih berapa yah ???? jadi pengen beli nih ….

  4. Nur Jannah says:

    Yeay…aku punya tipe ini..tapi masih bingung dengan pengaturannya

  5. awan Lembut says:

    pas ane beli dulu masih 2jt pak.. cepet bener merosotnya.. hahahahhaha

  6. ali says:

    Misi mas…saya jg baru meminang s2980 tp saya masi blm trllu paham untuk penggunaan manualny…
    Bisa di bagi infony mas…trmksih..

  7. mas brow says:

    bagus kok,,aku jg punya,,asal bisa seting manual,,bagus hasil fotonya,,,

Leave a Reply

