Now You See Me: Tontonlah Tanpa Banyak Berpikir

Posted: July 16, 2013 in Resensi Film/TV

now-you-see-me-picture04KETIKA adik dan teman-teman telah menonton film Now You See Me (NYSM) lebih dulu di tengah euforia film yang paling ditunggu tahun ini: Man of Steel, berbagai respon positif muncul mengatakan NYSM layak tonton dan menghadirkan cerita super seru dan menarik mengenai sepak terjang sekelompok ilusionis. Syukurlah, ketika memasuki awal bulan puasa, saya melihat film ini masih tayang di bioskop dekat kantor. Tanpa ragu saya yang penasaran mengenai film ini pun memutuskan untuk menyaksikan sendiri kehebohan NYSM yang sepertinya terbantu melalui promosi dari mulut ke mulut.

Sebuah pertunjukan sulap di Las Vegas menghadirkan empat ilusionis di atas panggung yang mempertunjukan trik bagaimana mengirim seorang penonton pergi dalam sekejap ke sebuah bank di Perancis. Puncaknya, studio dihujani lembaran uang seolah-olah uang-uang tersebut tersedot langsung dari brankasnya di kota Paris. Ironisnya, di saat yang sama, ribuan kilometer dari Las Vegas, uang di brankas bank tersebut pun ikut lenyap. Seorang detektif FBI bernama Dylan Rhodes (Mark Ruffalo) yang bingung dengan kejadian itu, menahan empat ilusionis tersebut: Daniel (Jesse Eisenberg). Merritt (Woody Harrelson), Henley (Isla Fisher) dan Jack (Dave Franco). Bersama seorang interpol cantik bernama Alma (Melanie Laurent), keduanya malah jadi bulan-bulanan trik para pesulap tersebut. Tak terbukti merampok, mereka semua dibebaskan, tetapi hal itu tidak menghalangi Dylan terus membuntuti dan menyelidiki kecurigaannya pada tindak kriminal yang akan mereka lakukan.

Dylan dan Alma menghubungi Thaddeus Bradley (Morgan Freeman), seorang mantan pesulap yang memiliki acara televisi mengungkap trik-trik pesulap lain. Sayangnya, Arthur Tressler (Michael Caine) yang menjadi penyokong dana empat ilusionis itu tak tinggal diam. Dia  mengancam Thaddeus agar tak membocorkan rahasia pesulapnya. Masalah makin pelik saat di New Orleans, justru Tressler lah yang menjadi korban anak asuhnya sendiri dengan cara merampok rekening pribadinya dan memberikannya kepada penonton. Dylan makin berang, berbagai cara mereka lakukan untuk mengejar empat orang itu walau harus berpikir keras agar tak terjebak oleh ilusi dan trik yang mereka buat untuk mengecoh mereka.

Menonton film ini hampir membuat saya tak bisa bernafas. Penonton dibuat penasaran menduga-duga apa yang akan terjadi selanjutnya. Trik apakah yang akan ditunjukkan kepada penonton untuk memperdaya para polisi yang mengejarnya? Dengan deretan casting yang menjanjikan, film ini terasa “penuh” oleh akting para pemerannya tanpa terlihat saling mendominasi. Tak perlu berpikir serius menonton film ini, apalagi menunggu-nunggu motif yang super rumit dan teori konspirasi berbelit walau sempat disebutkan bahwa para pesulap ini terkait dengan grup Iluminati. Seperti yang mereka bilang, bila motif terlalu rumit, penonton pun enggan menonton.

Seluruh pemain terasa santai dalam berakting. Ini mungkin karena sutradara Louis Leterrier dan penulis naskah Ed Solomon mengambil alih seluruh cerita NYSM hingga pemerannya tak perlu mengeluarkan kemampuan akting berlebihan. Cara bicara Jesse Eisenberg masih mengingatkan kita saat dia berperan sebagai Raja Facebook Mark Zuckerberg dan melihatnya berakting bersama Woody Harrelson mengingatkan kita pada chemistry mereka saat berperan dalam Zombieland. Isla Fisher hanya mengurangi kegenitannya sedikit dibanding saat berperan dalam Confessions of a Shopaholic, pesulap yang ahli meloloskan diri ini tetap chic tanpa meninggalkan kesan tangguh. Mark Rufallo sukses berakting menjadi agen FBI yang dibuat pusing dan harus mencurigai pula keberadaan Alma yang tiba-tiba didatangkan dari Perancis. Film ini akhirnya menjadi sajian menghibur yang apik secara keseluruhan. Seperti yang saya bilang, duduk, dan nikmatilah pertunjukan sulap di hadapan anda.

@windddo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s