Keuntungan Memiliki Bos Seperti Dalam Film

Posted: May 24, 2013 in Resensi Film/TV
Tags:

The-Devil-Wears-PradaKARAKTER pimpinan atau Bos dalam film, kebanyakan tak pernah menjadi tokoh sentral cerita. Beberapa karakter bos malah hanya ditampilkan sekadar meramaikan film, menambah bumbu komedi, atau peran pelengkap belaka. Namun bukan Hollywood namanya bila tak bisa mengangkat kisah-kisah para bos yang dengan karakter uniknya menjadi sentral cerita dan membuat penonton terkesan.

Bos juga manusia, itu memang benar. Namun seorang bos juga dituntut untuk lebih pintar dan lebih bisa segalanya dibandingkan dengan si bawahan. Ada beberapa karakter bos dalam film yang bisa menginspirasi, namun ada juga sifat-sifat mereka yang tak layak untuk ditiru. Berikut 10 karakter bos dalam film yang pernah saya tonton. Kalau ada yang mau menambahkan dari film lain, dipersilakan untuk menulis pada kolom komentar.

1. Meredith Vickers (Charlize Theron – Prometheus – 2012)

Dingin, tegas, judes, dan seperti tidak memiliki hati. Di balik sikapnya yang tanpa kompromi, Vickers yang mengkomandoi awak pesawat ruang angkasa Prometheus, bersikap demikian karena ayahnya sendiri kurang memedulikannya. Itu karena Meredith bukanlah anak lelaki seperti yang diharapkannya.

Keuntungan memilik bos seperti ini: Kamu tak perlu khawatir Meredith akan meninggalkanmu atau menelantarkanmu, karena dia akan mengutamakan keselamatan seluruh anak buahnya di kapal dengan sikap tegas dan beraninya.

meredith

2. George Wade (Hugh Grant – Two Weeks Notice – 2002)

Tampan, single, flamboyan, dan tentu saja kaya, membuat George Wade menjadi bujangan idaman banyak wanita. Sayangnya, George bukanlah bos sesungguhnya di perusahaan keluarganya. Dia hanya dipakai sebagai ikon perusahaan hanya karena parasnya yang tampan dianggap bisa mengangkat citra perusahaan. Yang dia tahu hanyalah bagaimana menjaga penampilan dan menggoda wanita. Dan Lucy Kelson (Sandra Bullock) yang menjadi bawahannya harus kalang kabut mengurus semua keperluannya.

Keuntungan memiliki  bos seperti ini, jika kamu lebih pintar darinya, maka bos biasanya akan mengiyakan hampir semua saran dari kamu. Sialnya, kamulah yang harus mengurus segala sesuatunya karena dengan mudahnya si bos berkata: ‘Kamu kan yang usulkan? berarti harus bisa, dong!’

two_weeks_notice_2

3. Dr. Julia Harris D.D.S (Jennifer Aniston – Horrible Bosses – 2011)

Cantik, seksi, percaya diri, dan senang merayu. Julia Harris yang berprofesi sebagai dokter gigi bukanlah contoh atasan yang patut ditiru. Dengan ‘aset’ yang dimilikinya, dia merayu Dale, bawahannya dengan perbuatan yang bisa dianggap sebagai pelecehan seksual. Dale yang sebentar lagi akan menikah, khawatir bosnya bisa membuatnya putus dengan tunangannya. Sayangnya, dia tak berani untuk berhenti bekerja pada dokter sensual tersebut karena tak tahan menjadi pengangguran.

Keuntungan memiliki bos seperti ini hampir pasti tak ada. Setiap hari kamu bisa cemas setengah mati kalau-kalau bos kamu ‘kumat’ dan mulai merayu kamu hingga kamu salah tingkah. Tapi, yah… masa iya sih gak pengen punya atasan seseksi Jennifer Aniston? hehehe..

horr

4. Luke Brandon (Hugh Dancy – Confessions of a Shopaholic – 2009)

Bos Editor majalah keuangan fiksi Successful Savings ini masih muda, Cerdas, namun kaku dan bisa dibilang kurang modis. Luke berhadapan dengan Rebecca Bloomwood, si jurnalis sok tahu yang sangat berminat pada bidang fashion, yang membuatnya harus bersabar mengarahkan anak buahnya itu agar mendapat tulisan seperti yang dia inginkan.

Keuntungan memilik bos seperti Luke, kamu akan banyak belajar darinya, dan akan terkagum-kagum dengan kesabaran serta kepribadiannya yang tenang. Siapa yang tak mau dibimbing oleh editor cerdas, sabar dan tampan seperti dia?

CONFESSIONS OF A SHOPAHOLIC

5. Margaret Tate (Sandra Bullock – The Proposal – 2009)

Kini giliran Sandra Bullock berperan sebagai bos yang masih cantik di usianya yang sudah matang, namun belum menikah karena sifatnya yang dingin dan manipulatif. Dengan kekuasaannya dia memaksa anak buahnya (diperankan Ryan Reynolds) untuk berpura-pura menikah dengannya agar tidak dideportasi ke Kanada.

Well, kalau kamu punya bos seperti dia, pastikan kamu bisa menyentuh hatinya. Karena sesungguhnya karakter Margaret yang ditunjukkan pada orang-orang di sekitarnya hanya sebagai mekanisme pertahanan diri dari hati yang tak ingin disakiti. Barulah, kamu bisa nyaman bekerja dengannya.

sandy

6. Bruce Wayne (Christian Bale – The Dark Knight Rises – 2012)

Memiliki kehidupan ganda sebagai pahlawan pembasmi kejahatan tentu saja membuat Bruce Wayne tak banyak waktu penuh mengurusi perusahaannya. Itulah sebabnya dia perlu orang kepercayaan yang bisa mengelola bisnisnya.

Kalau kamu punya bos seperti Bruce Wayne, bukan tidak mungkin karirmu akan melesat cepat. Dan kalau kamu beruntung dan sangat dipercaya, bisa saja Bruce mengangkatmu menjadi partner dalam membasmi kejahatan. How cool is that, huh?

chrit

7. M (Judy Dench – James Bond – dari tahun 2005)

Di balik pria sukses, terdapat wanita yang hebat. Pepatah ini cocok untuk hubungan atasan-bawahan M dan James Bond. Wanita yang tak diketahui nama aslinya ini selalu menugaskan James Bond, si agen rahasia 007 dalam misi-misi berbahaya. Tentu saja, tak lupa dia menggelontorkan modal dan sokongan kuat termasuk persenjataan canggih untuk anak buah kesayangannya itu. Bukan hanya itu, M juga bukan tipikal wanita lemah yang bergantung pada anak buahnya. Dia bisa mudah meloloskan diri dari incaran para penjahat.

Keuntungan memiliki bos seperti M, well, kamu hampir pasti bisa lolos dari segala macam bahaya dengan koneksi dan kekuasaannya. Dan kamu juga bisa dimaklumi bila terkadang mencampur urusan bisnis dengan kesenangan.😀

dench

8. John Milton (Al Pacino – The Devil’s Advocate – 1997)

Apa jadinya jika kamu yang berisfat ambisius, ingin sukses, bertemu dengan John Milton, atasan kamu yang bisa memuluskan jalan karirmu menuju puncak. Semua dukungan mulai dari taktik, ilmu, serta finansial dia berikan tak tanggung-tanggung untuk membuatmu menjadi pengacara yang tak pernah kalah dalam setiap kasus.

Kesenangan duniawi bisa kamu dapatkan dengan mudah bila memiliki bos seperti John Milton. Tapi tentu saja, itu kalau kamu mau memiliki atasan seorang Iblis dari neraka.

devilsadvocate050211

9. Miranda Priestly (Meryl Streep – The Devil Wears Prada – 2006)

Perfeksionis, kaku, kejam, serta tak segan menekan bawahannya adalah karakter Miranda Priestly, editor-in-chief majalah fesyen ternama Runway. Disegani banyak orang membuatnya tak sungkan memerintah bawahannya agar seluruh keinginannya terpenuhi. Termasuk tugas-tugas yang nyaris tak masuk akal. Semua dilakoni agar majalah yang dipimpinnya selalu menjadi nomor satu sebagai referensi mode sedunia.

Walau kamu akan seringkali cemas, gugup, dan nyaris muntah apabila berhadapan dengan Miranda, kelak jika kamu bekerja di tempat lain kamu akan mudah menghadapi tugas-tugas penuh tekanan berat karena terbiasa menghadapi tugas yang diberikan Miranda. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan barang-barang modis merek ternama secara gratis.

2006_devil_wears_prada_007

10. Tony Stark (Robert Downey Jr. – Iron Man 3 – 2013)

Santai, eksentrik, kaya raya, dan tak menyembunyikan identitasnya sebagai superhero, membuat banyak orang ingin bekerja padanya. Sepertinya, jika menjadi bawahan Tony Stark, pekerjaan apapun yang diberikannya akan terasa menyenangkan.

Keuntungan memiliki bos seperti dia? ayolah! bos kamu tuh Iron Man! masih kurang?

Iron-Man-3_01

@windddo

Comments
  1. idenyaandii says:

    Kenapa Miranda ga nomor satu??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s