EVIL DEAD: Ketegangan Horor Hingga Akhir

Posted: May 11, 2013 in Resensi Film/TV
Tags: , , ,

Shiloh Fernandez;Lou Taylor Pucci;Jessica LucasSEBELUM menggarap trilogi Spider-Man dan Drag Me to Hell, Sam Raimi muda berhasil menyutradarai film horor berbujet rendah namun sukses yang berjudul The Evil Dead (TED) (1981). Tahun 2013, Sam membuat ulang film tersebut. Namun kali ini dia memilih untuk duduk di bangku produser dan memberikan kesempatan Fede Alvarez untuk menyutradarinya. Ceritanya masih setia dengan plot film TED versi klasik: sekelompok anak muda menempati sebuah kabin di tengah hutan. Seorang dari mereka tanpa sengaja memanggil setan jahat yang merasuki mereka satu persatu hingga saling membunuh.

Berawal dari seorang gadis bernama Mia (Jane Levy) yang bertekad ingin menghentikan kecanduannya terhadap narkoba. Dibantu kakaknya, David (Shiloh Fernandez), dan pacarnya Natalie dan dua sahabat lainnya, Eric dan Olivia, mereka bertekad menemani dan mengobati Mia pada saat-saat kecanduannya muncul. Mereka berlima memutuskan untuk tinggal di sebuah kabin milik keluarga Mia dan David, yang letaknya di sebuah hutan. Saat mereka tiba, mereka menyadari bahwa rumah tersebut pernah dimasuki seseorang dan membuat ritual mengerikan yang berhubungan dengan setan.

Shiloh Fernandez;Jessica Lucas

Eric menemukan buku kuno yang ditemukan di ruang bawah tanah. Penasaran dengan buku itu, dia tanpa sengaja mengucapkan mantera pemanggil setan dan membuat Mia kerasukan arwah perempuan sehingga bertingkah abnormal. Semua temannya menganggap Mia berhalusinasi akibat sakaw. Mereka baru sadar bahwa sesuatu yang jahat merasuki Mia dan menyebabkan satu persatu dari mereka tewas secara mengerikan. Tinggalah David berusaha menghentikan apapun yang merasuki Mia setelah Eric membocorkan rahasia bahwa dirinyalah yang membuat kebodohan telah memanggil setan jahat. Tegakah David membunuh adiknya sendiri? sedangkan dirinya masih mempunyai perasaan bersalah terhadap Mia akibat sebuah peristiwa di masa lalu.

Menyaksikan film ini seolah kita tak dibiarkan untuk mengambil nafas. Ketegangan dengan atmosfer mengerikan sudah muncul sejak awal film hingga akhir tanpa harus dihiasi oleh dialog-dialog yang tak penting. Bagi anda penyuka film horor, mungkin gabungan antara kisah kesurupan setan cabul macam Exorcist dan genre slasher seperti film Saw ini bisa memuaskan hobi anda. Tanpa efek komputer yang berlebihan, adegan cipratan darah dan sayat-sayatan di film ini tampil realistis, tidak seperti film Drag Me to Hell yang jatuhnya malah menjijikkan. Saya memang tidak terlalu menyukai genre slasher dengan muncratan darah ke mana-mana, namun Evil Dead berhasil membuat saya beringsut tak nyaman di bangku bioskop karena ngeri, namun penasaran tak ingin beranjak dan menonton hingga akhir. Apalagi, twist di akhir mengungkapkan siapakah pahlawan sebenarnya dalam film ini yang lagi-lagi berhasil selamat sebagai sole-survivor.

Oya. Bagi anda yang pernah menonton film The Cabin in The Woods (Cabin), Evil Dead mungkin mengingatkan anda pada alur cerita film tersebut. Tapi bukan berarti Cabin menjiplak Evil Dead. Mengingat Evil Dead yang lebih dulu rilis di tahun 80-an, justru Cabin seperti mengolok-olok pakem film horor klasik dengan setting rumah di tengah hutan dan diisi oleh anak muda yang tewas satu persatu.

Ciluuk.. Baaa..

Ciluuk.. Baaa..

Evil Dead (2013) | Tristar Pictures | Produser: Sam Raimi | Pemain: Jane Levy, Shiloh Fernandez, Lou Taylor Pucci, Jessica Lucas, Elizabeth Blackmore | Sutradara: Fede Alvarez | Durasi: 91 menit

@windddo

Comments
  1. Aprilia Karina says:

    Filmnya full darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s