Aktor Era 90-an yang Bertahan Hingga Sekarang

Posted: May 9, 2013 in Resensi Film/TV
Tags: , ,

Leonardo-DiCaprio-Growing-Pains-growing-pains-5073414-396-512ANDA yang melewati  masa kanak-kanak atau pra-remaja di tahun 90-an mungkin masih ingat betapa pilihan hiburan acara masih sangat terbatas. Dahulu hanya ada TVRI sebagai satu-satunya stasiun televisi yang mengudara di Indonesia. Memang, belakangan ada TVRI Programa 2 sebagai alternatif siaran, namun keduanya sama-sama mendahulukan kepentingan sebagai pengemban misi propaganda kebijakan pemerintah daripada hiburan. Dahulu juga tayangan TV baru mulai menjelang sore, jadinya anak-anak sepulang sekolah masih bisa menikmati masa-masa bermain di luar rumah.

RCTI, sebagai stasiun TV swasta pertama yang pada awal kemunculannya menerapkan sistem siaran berbayar melalui dekoder, booming di awal 90-an sebagai kompetitor TVRI dalam hal menayangkan siaran dan acara hiburan terutama dari Amerika Serikat.  Beberapa film seri favorit negeri Paman Sam ditayangkan di RCTI saban sore hingga malam hari. Masih ingat serial mobil ajaib Knight Rider? Atau aksi McGyver yang dengan kecerdasannya berhasil meloloskan diri dari penjahat? Dan… ehm, kemolekan tubuh para penjaga pantai di serial Baywatch? (yang satu ini penulis harus cari kesempatan karena selalu disuruh tidur oleh orang tua). Bukan cuma itu, beberapa serial komsit (komedi situasi) keluarga seperti Growing Pains, Out of This World, Saved by The Bell, juga menjadi andalan RCTI untuk menjaring penonton betah berlama-lama di depan TV. Di bioskop pun muncul trend film-film remaja bergenre horor dengan film Scream sebagai pelopornya, dan tema percintaan yang selalu diakhiri prom-night macam She’s All That.

Tentu saking kita ngefansnya dengan tokoh-tokoh di serial itu, kita menjadi hafal nama-namanya. Banyak dari artis idola tahun 90-an itu yang namanya kini tenggelam, namun ada juga yang pamornya terus menanjak hingga menjadi superstar sampai sekarang. Berikut beberapa aktor dan aktris yang pada era 90-an menghibur penulis dan tetap eksis hingga sekarang.

1. Neil Patrick Harris

Sebelum dikenal sebagai Barney Stinson si perayu ulung dalam serial How I Met Your Mother, Harris lebih dulu menghibur saya dalam serial Doogie Howser, M.D.  Di serial itu, Harris berperan sebagai remaja yang sudah lulus sekolah kedokteran di usianya yang ke 14. Walaupun dia sudah menjadi dokter, seperti kebanyakan remaja seusianya yang melewati masa puber, Doogie juga menghadapi persoalan antar sahabat, percintaan, dan betapa dirinya kesulitan beradaptasi dengan lingkungan yang menuntutnya bersikap dewasa dikarenakan profesinya.

neilpatrick

2. Leonardo DiCaprio

Akting Leo di film memang tak perlu diragukan. Sebelum menjadi aktor papan atas Hollywood, bakatnya sudah terlihat sejak debutnya di serial Growing Pains di mana dia berperan sebagai Luke Brower, si remaja broken home. Serial ini sempat nongol di RCTI selama beberapa tahun. Nama Leonardo semakin terkenal sejak dia memerankan karakter Romeo dalam film Romeo + Juliet dan, tentu saja, film mega hits Titanic.

leooooo

3. Joseph Gordon-Levitt

Tahukah anda? Si pemilik lesung pipi ini pernah menjadi siswa SMA culun yang berusaha mengambil hati kembang sekolah dengan cara mengumpani kakak si gadis dengan siswa bengal yang dia bayar? Levitt yang sekarang dikenal dalam film-film blockbuster macam Inception, The Dark Knight Rises, dan 500 Days of Summer, berakting menggemaskan dalam film bertema remaja favorit saya: 10 Things I Hate About You. Levitt sukses bertransformasi menjadi aktor serius tanpa terjebak dalam karakter remaja yang begitu-begitu saja.

jgl_1

4.  Mario Lopez

Saat Beverly Hills 902010 belum booming, Saved by The Bell mungkin salah satu serial sitkom sukses yang menggambarkan anak-anak SMA dengan karakter stereotype pada umumnya: Si culun, si atletis, si cantik cheerleader populer, si jenius, dan tentu saja, seorang cowok yang berusaha menjadi populer. Mario Lopez berperan sebagai A.C. Slater, siswa bengal yang juga masuk tim hoki, yang selalu bersaing dengan Zack Morris, si karakter utama dalam hal merebut perhatian Kelly si cheerleader cantik. Kini Mario lebih banyak berkarir sebagai presenter acara TV seperti Extra dan The X Factor musim terbaru.

Mariolopez

5. Courteney Cox

Misfits of Science mungkin serial pertama yang saya tonton di RCTI yang mengetengahkan kisah orang-orang berkekuatan super. Sayang, serial ini tak bertahan lama. Namun salah satu pemerannya, Courteney Cox, berhasil menjadi aktris ternama yang terkenal lewat serial Friends dan sebagai reporter ambisius Gale Weathers di tetralogi Scream. Cox berperan sebagai Gloria, gadis remaja yang memiliki kekuatan super telekinesis.

misfits3

6. Johnny Depp

Si pemilik rahang tegas ini membuat penggemar serial 21 Jump Street (sudah diremake ulang dengan Channing Tatum sebagai pemainnya) setia menunggu setiap episodenya. Depp yang memiliki wajah imut dianggap pas memerankan polisi yang kerapkali menyamar sebagai siswa SMA untuk membongkar kejahatan (biasanya narkoba) yang beredar di sekolah. Depp mulai dikenal sebagai aktor hollywood pencetak box office sejak kemunculannya yang dikenang penonton sebagai si buruk rupa bertangan gunting: Edward Scissorhands. Dan sampai sekarang tak pernah takut menjajal  karakter nyeleneh macam Kapten Jack Sparrow di seri Pirates of the Carribean, atau si vampir Barnabas dalam Dark Shadows.

depp3

@windddo

Comments
  1. adinu says:

    mas johny depp (21 jump street) masih eksis tuh.

  2. anam says:

    kok jhonny deep ngga ada?21 jump street

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s