5 cm.: Merekat Persahabatan di Puncak Mahameru

Posted: December 16, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , , ,

Download dan Sinopsis Film 5 CMBAGAIKAN kembar siam, Lima sahabat: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah), Arial (Denny Sumargo), dan Ian (Igor Saykoji) seperti tak terpisahkan. Ke mana-mana mereka nyaris selalu bersama. Persahabatan mereka memang terlihat menyenangkan. Tetapi efeknya berimbas kepada kehidupan sosial masing-masing. Kelimanya seolah tak bisa bergaul dan berteman di luar lingkaran persahabatan mereka. Adalah Genta yang mengusulkan agar mereka tak saling bertemu dulu selama tiga bulan agar tiap pentolan sahabat itu bisa mengejar mimpi pribadi masing-masing sekaligus menghindari kejenuhan. Rencana ini bukannya tanpa tentangan. Beberapa tokoh terlihat memang terlalu bergantung pada sahabatnya yan lain. Namun Genta berhasil meyakinkan sahabat-sahabatnya, dan menjanjikan sebuah reuni yang tak terlupakan buat mereka semua.

Benang merah kisah ini yang coba ditururkan dalam film 5 cm garapan Rizal Mantovani. Diangkat dari buku berjudul sama karya Donny Dhirgantoro, 5 cm seharusnya menceritakan perkembangan tokoh-tokohnya saat sedang melepaskan kaitnya pada pohon yang bernama persahabatan. Saya tak akan cerewet membandingkan film ini dengan novelnya, karena saya memang belum membacanya. Itulah sebabnya, saya menilai 5 cm keseluruhan sebagai film yang mencoba mengambil jiwa dari cerita yang sudah dibaca oleh para penggemarnya. Ian dikisahkan mampu menyelesaikan skripsinya. Arial yang tak berani mengajak kenalan lawan jenis, berhasil menggaet cewek seksi di tempat gym. Genta semakin sibuk dengan pekerjaannya, sementara Zafran masih berkutat dalam upayanya mendekati Arinda (Pevita Pearce), adik Arial yang cantik, sambil berusaha keras tak tertangkap basah oleh sahabatnya. Hanya Riani saja yang sepertinya sangat galau ditinggal teman-temannya. Bagaimana tidak? Rupanya diam-diam gadis satu-satunya dalam lima sekawan tersebut memendam rasa suka kepada salah satu sahabatnya.

salah-satu-adegan-dalam-film-5-cm-yang-diadaptasi-_121026043745-318

Tiga bulan sudah berlalu. Sesuai janjinya, Genta mengajak empat temannya berkumpul kembali. Rupanya kejutan yang dia siapkan adalah sebuah perjalanan mendaki puncak tertinggi di pulau Jawa: Puncak Gunung Semeru atau Puncak Mahameru. Di sinilah seharusnya semua konflik batin tersebut dimuntahkan. Namun Rizal lebih tertarik mengambil gambar-gambar indah jalur Gunung Semeru dan menjelaskan panjang lebar mengenai tempat-tempat yang mereka singgahi tanpa sanggup merekam ekspresi kegalauan masing-masing tokoh yang sedang dilanda cinta. Sampai di sini, saya masih memaafkan Rizal karena gambar keindahan alam Gunung Semeru berhasil memukau mata saya. Sampai tiba saatnya di akhir cerita ketika mereka berlima, plus Arinda yang ikut, berhasil menuju puncak Mahameru dan mendadak menjadi lebay dalam mengekspresikan nasionalisme. Sungguh! jika saja film ini dirilis saat libur hari kemerdekaan kemarin, mungkin orasi mereka akan sangat termaafkan. Tak perlu berlama-lama, Rizal cepat-cepat membuka kunci jawaban twist film tentang sesiapa yang sesungguhnya menyukai siapa. Sesuatu yang sebenarnya sudah diketahui pasti oleh pembaca novel ini.

Rizal yang belakangan ini asyik dengan film-film horor seksinya, seolah tak kuasa membendung keinginan untuk memanfaatkan keseksian Pevita Pearce dalam beberapa adegannya. Ayolah! haruskah saya melihat lagi adegan klise gadis cantik turun dari tangga dengan gerakan lambat ditambah dengan background musik seksi dan…. rambut yang berkibar terhembus angin? Ditambah lagi dengan barisan cast yang menurut saya ketuaan untuk memerankan mereka yang dikisahkan baru kemarin menyelesaikan kuliah. Wajah Fedi Nuril dan Denny Sumargo terlihat terlalu letih untuk memerankan cowok usia 20-an. Herjunot yang memiliki wajah babyface menurut saya sama saja. Masa keemasan dia memerankan cowok remaja sudah berakhir ketika dia bermain dalam film Realita Cinta dan Rock N Roll. Untunglah ada Raline Shah yang menjadi pengalih perhatian kakunya akting Igor Saykoji dan Denny. Ceplosan-ceplosan dan celetukan spontan khas anak muda juga terasa dipaksakan dalam film ini.

Well, walaupun demikian. 5 cm. masih cukup menghibur. Film ini berhasil menggugah keinginan saya untuk merasakan pendakian gunung Semeru. Banyak adegan menggelitik yang membuat penonton tertawa. Meskipun setelah pendakian itu nyaris semua tokoh yang terikat perasaan “tak sekedar teman” harus kembali mendefinisikan ulang arti persahabatan. Karena pada akhirnya, nyaris kehilangan sahabat mampu mengalahkan ego mereka masing-masing. Sesuatu yang mungkin tak akan bisa mereka lakukan jika saja tak melakukan perjalanan itu.

@windddo

5-cm

5 cm (2012) | Produksi : Soraya Intercine Films | Produser: Sunil Soraya | Pemain: Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Saykoji, Denny Sumargo, Raline Shah | Sutradara: Rizal Mantovani | Durasi: – Menit

Comments
  1. Mungkin saya, akan, lebih bisa menghargai filmnya.

  2. arhakem says:

    serasa muda kembali..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s