Inspirasi Satchel Bag, Dari Indiana Jones Sampai Para Pekerja

Posted: December 5, 2012 in Tips
Tags: ,
david-beckham-manbag

David Beckham dan Satchel Bag

AKTIVITAS pria, terutama para pekerja kantoran memerlukan sebuah tas yang mampu menampung seluruh barang yang biasanya mereka bawa setiap hari. Pria modern sekarang tampaknya membawa barang yang tak bisa lagi ditampung oleh sekadar kantung baju dan celananya. Dari mulai ponsel, dompet, kunci, kacamata, pemutar musik, tablet, bahkan laptop. Semua barang tersebut membutuhkan tas untuk menyimpannya. Jika kopor dirasa terlalu ketinggalan jaman, kemudian tas punggung mungkin bagi sebagian orang terlalu berlebihan, maka satchel bag bisa menjadi pilihan.

Satchel Bag, populer sejak abad 17. Biasanya terbuat dari bahan kulit, dengan seutas tali untuk menggantungkannya di bahu pemakai. Untuk kaum pria, biasanya satchel bag berbentuk persegi dengan warna netral seperti hitam atau coklat tanah dengan detail yang tak terlalu ramai. Dengan satu wadah utama, ditambah kantung lain yang lebih kecil, anda bisa mendapatkan fungsi utilitas sebagai penyimpan barang, sekaligus tetap terlihat fashionable.

Banyak alasan bagi pria untuk meninggalkan ranselnya. Ada yang berpendapat, ransel atau tas punggung membuatnya tergoda untuk membawa barang-barang yang sebenarnya tak diperlukan. Selain itu, beban yang berat juga bisa mengakibatkan sakit pada pundak dan punggung anda. Ardi, seorang pengguna KRL mengatakan, dirinya beralih menggunakan tas slempang karena kepraktisannya. Setiap hari dia membawa ponsel, kunci motor, iPod, dan tablet komputer. Belakangan ini dia tak lagi membawa laptopnya pulang ke rumah karena terlalu berat dan menyiksa punggungnya. Lain Ardi lain pula Daniel, menurutnya Satchel bag dari bahan kulit yang dia bawa dapat mengurangi resiko kejahatan di tempat umum. Bentuknya yanglebih ringkas daripada ransel dapat dengan mudah dia pegang dan awasi apabila sedang berada di tengah keramaian.

Di sisi lain, satchel bag mungkin terlihat kurang maskulin. Namun, tas tersebut malah menjadi ciri ikon beberapa tokoh utama dalam film. Sebut saja Indiana Jones yang berpetualang ke seluruh dunia dengan membawa satchel bag sambil berkelahi dengan penjahat. Atau Jack Bauer, si agen pemerintah dalam serial 24, sering terlihat memakai tas tersebut dalam misinya menangkap para kriminal. Beberapa selebritis yang menjadi ikon fashion juga sering tertangkap kamera memakai tas jenis ini.

 

Flint Rider di Animasi Tangled

Flint Rider di Animasi Tangled

Indiana Jones dengan Satchel Bag

Kiefer Shuterland

Ryan Reynolds

Tokoh dalam film Hangover

Tokoh dalam film Hangover

 

Lalu bagaimana memilih satchel bag yang tepat untuk anda tanpa terlihat berlebihan saat memakainya? berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan.

1. Pilihlah warna netral dengan bahan dari kulit

Warna netral dan tak mencolok cocok digunakan baik dengan pakaian kerja maupun baju santai anda untuk hang-out ke mall. Kesan vintage akan tampak bila anda memilih bahan dari kulit. Selain itu, bahan tas yang cukup tebal mampu melindungi gadget anda dari benturan.

2. Hindari tas dengan detail yang ramai

Detail ramai hanya cocok untuk dipakai pada tas wanita. Pilihlah tas dengan potongan sederhana, persegi, dan minim detail.

3. Perhitungkan kekuatan tas dengan barang-barang yang biasa anda bawa

Apakah yang biasa anda bawa setiap hari? pastikan ukuran tas sesuai dengan benda-benda yang biasa anda bawa.

4. Pakailah secara menyamping dan atur panjang tali tas

Satchel bag lebih cocok dipakai pria dengan cara menyamping. Aturlah tali supaya tas jatuh tepat pada garis ikat pinggang anda. Jika anda memakainya terlalu tinggi, anda akan terlihat konyol. Bila anda memanjangkan talinya hingga tas jatuh lebih rendah dari pinggang anda, maka anda akan terlihat bodoh.

5. Hindari membawa barang yang terlalu banyak

Membawa barang yang terlalu banyak membuat tas anda terlihat menggembung dan berlebihan. Perhatikan pula dengan barang yang anda bawa. Bila tas anda terbuat dari bahan kain ringan, maka barang yang dibawa akan membuat tas anda menggelayut ke bawah dan terlihat menggelikan.

@windddo

Comments
  1. Ade Oganz Supriatna says:

    nice information……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s