EL BULLI, Cooking in Progress : Inspiratifnya Pencarian Menu Baru Masakan

Posted: December 1, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , ,

From left, El Bulli chefs Eugenio de Diego and Oriol Castro withDARI perhelatan Festival Film Eropa ke-12 Europe on Screen di Jakarta, diputar sebuah film dokumenter mengenai proses kreatif menemukan ide menu masakan baru untuk sebuah restoran di Spanyol bernama El Bulli. Hebatnya, saking seriusnya ingin mencipta menu baru untuk memuaskan para pelanggan, restoran bermaskot Banteng itu rela tutup selama enam bulan setiap tahunnya. Sementara itu, koki utama Ferran Adria dan para sous-chef nya bekerja keras di sebuah dapur yang lebih mirip laboratorium eksperimen.Mereka menjajal dan meracik tiap bahan makanan, serta berbagai bumbu untuk mengkreasikan menu yang benar-benar unik dan menggugah selera.

Selama satu jam pertama, penonton diberikan gambaran bagaimana proses pencarian menu baru tersebut berlangsung cukup lama dan melelahkan. Target mereka, saat restoran kembali buka di musim panas (bulan Juni), menu baru yang unik terlah tersedia untuk dipilih oleh tamu restoran yang terletak di pinggir pantai cantik kota Catalonia ini. Bahkan untuk satu jenis sayuran, para koki berpengalaman itu mengolahnya dengan berbagai macam cara hingga jatuh pada pilihan cara memasak paling baik. Semua hasil eksperimen mereka catat, dokumentasikan, dan difoto agar terorganisir. Peran Chef Ferran Adria yang memutuskan cita rasa terbaik mana dari olahan menu tersebut, sangat dibantu oleh Oriol Castro, tangan-kanan Adria. Oriol mengikuti apa maunya Adria dari bahan yang dipilih hingga cara penyajian. Sampai-sampai wajahnya terlihat cemas menunggu komentar Chef Adria saat mencicipi makanan yang dia hidangkan. Proses kreatif ini tak hanya mengandalkan eksperimen di dapur-laboratorium mereka, terkadang suatu menu baru ditemukan begitu saja tanpa sengaja. Seperti misalnya saat Oriol salah membawa botol air kepada tamu, namun malah menemukan jenis minuman baru yang rasanya lebih enak.

8-film-rekomendasi-di-europe-on-screen--40397f

Memasak seharusnya menyenangkan? belum tentu. Kalau anda penggemar reality show kompetisi memasak Hell’s Kitchen (HK), tentu tak asing dengan pemandangan hiruk pikuk dapur sebuah restoran dalam menjamin kesempurnaan tiap masakan dan pengaturan waktu saji yang ketat. Dalam film yang disutradarai sineas asal Jerman, Gereon Wetzel ini, Ferran Adria sang Koki utama memang diperlihatkan tak segarang Gordon Ramsay, si koki temperamental dalam HK. Ferran Adria masih cukup tenang walau sama-sama perfeksionis. Namun sempat juga diperlihatkan adegan Adria yang marah ketika dokumentasi hasil eksperimen berbulan-bulan lenyap karena laptop anak buahnya rusak. Namun, arahan Adria pada seluruh tim memasak di restorannya membuat mereka semua bersemangat untuk menyajikan hidangan terbaik. Menurutnya, proses kreatif dan proses produksi adalah dua hal yang berbeda. Namun keduanya harus saling mendukung untuk mencapai hasil yang optimal.

Paruh pertama film berdurasi 108 menit ini mungkin terasa membosankan. Mungkin karena film yang keseluruhannya berbahasa Spanyol ini banyak menggunakan istilah memasak dan jenis-jenis kuliner yang terdengar asing di telinga penonton. Untungnya, adegan di dapur laboratorium yang monoton sesekali diselingi perburuan para koki mencari bahan makanan di pasar, dan perjuangan mereka mendapatkan bahan makanan terbaik dan paling segar dari pedagang. Menu spesial dan unik apakah yang akhirnya berhasil mereka temukan? semuanya akan disebutkan pada penghujung film ini.

mainBuyWatch2

@windddo

El Bulli: Cooking in Progress (2011) | Sutradara: Gereon Wetzel (Jerman) | Dokumenter | Pemain: Ferran Adria, Oriol Castro, Eduard Xatruch | Durasi: 108 menit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s