Paket Internetan Operator Biru Versus Merah, Mana Lebih Unggul?

Posted: November 15, 2012 in Tips
Tags: ,

schotsco.com

PONSEL cerdas sepertinya bukan lagi benda mewah sekarang ini. Kebutuhan akan akses internet bagi sebagian orang membuat mereka merasa harus memiliki perangkat yang mendukung mobilitas sehari-hari. Mulai dari mengirim surat elektronik, berinteraksi di media sosial, sampai kebutuhan akan informasi dan hiburan membuat pengguna ponsel cerdas ini merasa ketergantungan. Bisa dibilang, koneksi dan kuota internet adalah nyawa dan jiwanya ponsel cerdas. Tanpa koneksi internet yang memadai, ponsel cerdas akan menjadi seperti ponsel biasa. Banyak operator seluler di Tanah Air yang menawarkan produk mereka untuk mendukung mobilitas ponsel cerdas (termasuk tablet dan modem) dengan iklan jor-joran serta penawaran menarik dan tarif yang bersaing. Tak mau menyesal, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum memilih paket internet yang akan anda pakai untuk mendukung ponsel cerdas anda. Kalau saya, sampai saat ini masih enggan mencoba koneksi di jaringan CDMA atau EVDO karena keterbatasan wilayah cakupannya. Oleh karena itu, saya akan hanya akan membahas pengalaman saya menggunakan paket internet dari dua operator seluler terbesar di Indonesia, XL dan Telkomsel.

salah satu promo XL (xl.co.id)

salah satu promo Telkomsel (telkomsel.co.id)

Oke, sejak mengeluarkan paket produk internet, sepertinya kedua operator seluler ini terus bersaing menawarkan paket internet murah dengan “kue” kuota yang semakin banyak. Tetapi seperti orang bilang, ada harga ada kualitas, saya pun agak berhati-hati memilih paket internet yang ditawarkan operator seluler XL dan Telkomsel yang menurut saya hampir mirip dan bersaing. XL, si operator biru menawarkan paket Triple Kuota hingga 1,5 GB sedangkan Telkomsel, dengan kartu simPATI-nya menawarkan paket hingga 2 GB dengan tarif yang nyaris sama. Saya menggunakan paket internet ini pada tablet Samsung saya (Galaxy Tab 2. 7 inci). Awalnya saya menggunakan paket XL, dan karena tertarik dengan penawaran Telkomsel, saya sampai hari ini masih menikmati paket 2 GB dari si operator merah tersebut. Berikut perbandingannya:

1. Harga, Kuota, dan Masa Aktif

XL waktu itu menawarkan paket internet tiple kuota seharga 49 ribu untuk masa aktif 30 hari dengan kuota sebesar 1,5 GB, 1 GB untuk pemakaian di kanal 3G dan 500 MB (kuota normal) di jalur 3G+. Sedangkan Telkomsel simPATI memberikan kuota sebesar 2 GB (1 GB di jalur 3G, dan sisanya di jalur 3G+) seharga 60 ribu dengan masa aktif 45 hari. Kedua operator ini juga membuat pengguna menghabiskan kuota bonus dahulu sebelum kuota normal terpakai, dan tidak memotong pulsa normal saat kuota habis. Hmm.. untuk ukuran kuota, simPATI lebih unggul. 1 poin untuk simPATI.

2. Cek Sisa Kuota

Pengecekan sisa kuota kadang menjadi salah satu hal yang penting, terutama saat masih menggunakan sistem pulsa normal terpakai apabila kuota habis. simPATI menjadi juara karena kemudahan mengecek sisa kuota sama dengan mengecek bonus lainnya dengan menekan *889#. Sedangkan XL, agak merepotkan karena harus menuju sub-sub menu berikutnya dari *123# untuk pengecekan sisa kuota. 1 Poin lagi untuk simPATI.

3. Kestabilan Sinyal

Ini yang paling penting. Koneksi internet yang stabil adalah hal yang paling diharapkan di manapun kita berada. Karena aktifitas saya tak jauh dari rumah-rumah orangtua-tempat kerja, maka penilaian saya terbatas pada area tersebut. Di rumah saya yang letaknya di Cibinong, di rumah orangtua saya di Citeureup, dan tempat kerja saya di Cikini, sinyal kedua operator bisa dibilang stabil. Walau XL terkadang drop sinyal hingga hanya 1 bar, terutama saat hujan namun koneksi 3G tetap tidak terputus. Sedangkan simPATI, untuk mencapai kestabilan sinyal yang optimal, perangkat tak bisa sembarang digerakkan atau dipindahkan, namun tetap stabil saat hujan. Di dalam kereta, terutama saat padat penumpang, keduanya kesulitan mencari sinyal, sehingga kadang tak mendapat sinyal sama sekali bahkan untuk menelepon (2G), tetapi koneksi mulus sepanjang perjalanan kereta tetap dimonopoli oleh XL. Jadi, untuk urusan sinyal, menurut saya XL layak mendapat 1 poin.

4. Streaming Video YouTube

Kedua operator mulus melaju dalam buffering dan streaming video baik saat dalam koneksi 3G ataupun 3G+. Keduanya mendapat 1 poin.

5. Download

Baik XL maupun simPATI, keduanya tak pernah mengecewakan saya dalam urusan mengunduh (download), terutama saat digunakan sebagai modem thetering. Keduanya berhasil mencapai kecepatan diatas 100 mbps saat proses. Tetapi, simPATI masih terengah-engah saat mengunduh attachment email dan aplikasi dari google play di tablet Galaxy tab saya sehingga sering terputus. Unggul dalam hal mengunduh membuat XL mendapat 1 poin lagi dari saya.

6. Modem Thetering

Kedua operator nyaman dipakai saat perangkat tablet saya gunakan sebagai modem wi-fi untuk laptop saya. Namun soal urusan koneksi, XL membuat saya terkadang harus memutus-sambung koneksi beberapa kali sebelum menjadi stabil, terutama saat jam 7 hingga 8 malam. Lagi-lagi, saya berikan 1 poin untuk simPATI.

7. Browser Android

Untuk urusan browsing di tablet, rupanya jargon hotRod milik XL memang tak bisa disangkal. Baik Opera Mini, Google Chrome, ataupun browser bawaan yang ada di tablet android saya dengan mulus dilalui XL saat loading laman web. simPATI lebih sering terasa ‘keras’ dan lama saat loading laman web pada tablet dan lebih sering gagal dibandingkan XL. Jadi, untuk urusan ini kembali XL unggul 1 poin.

8. Messenger

Yahoo! Messenger, Line, dan WhatsApp yang menjadi unggulan aplikasi messenger pada tablet android tampaknya lebih disupport oleh XL. Kestabilan koneksi internet simPATI kadang tak cukup responsif dengan aplikasi tersebut hingga pesan baru terbaca agak lama setelah terkirim. 1 poin kembali diberikan untuk XL

Kesimpulannya, secara keseluruhan XL menurut saya masih lebih unggul 1 poin dibandingkan dengan SIMpati. Nah, bagaimana menurut kamu?

 @windddo

Comments
  1. iya brow gua juga lebih suka makek XL , kagak tahu kenapa XL itu lebih enak di modem gua, soalnya modem gua ada tulisan XL nya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s