Mudahnya Mencairkan Dana Jamsostek

Posted: October 24, 2012 in Tips
Tags: , ,

SEBELUMNYA saya agak malas untuk mengurus pengambilan dana Jaminan Hari Tua dari Jamsostek, karena sudah berpikir akan sangat ribet dengan segala macam urusan birokrasinya. Itulah sebabnya, saya selalu menunda-nunda dan membiarkan kartu Jamsostek saya yang masih memiliki saldo JHT.

Sebagai informasi, saat saya pindah kerja di perusahaan sekarang, saya tidak meneruskan kepesertaan Jamsostek dari perusahaan sebelumnya. Alasan bagian HRD waktu itu kabarnya agak susah untuk pengurusan pindah kerja, sehingga demi alasan kepraktisan, bagian HRD mendaftarkan saya dalam kepesertaan baru Jamsostek. Padahal waktu itu, saldo JHT saya sudah cukup lumayan dari hasil kerja selama hampir delapan tahun di perusahaan lama. Jadi, walaupun saya tahu saldo JHT lama saya bisa diambil, saya tidak ambil pusing dan menyimpan kartu Jamsostek lama saya bertahun-tahun.

Beberapa hari lalu, kebetulan orangtua saya menanyakan kabar mengenai saldo Jaminan Hari Tua saya. Beliau berkata, sayang kalau uangnya dibiarkan dan tidak diambil. Apalagi karena kepesertaan saya sudah cukup lama, saldo JHT saya seharusnya sudah bertambah dengan perhitungan bunganya. Karena itulah saya kemudian mencari tahu bagaimana proses pencairan dana serta syarat-syarat kelengkapan dokumen yang diperlukan. Jika anda berencana mencairkan dana JHT anda di Jamsostek, berikut dokumen yang harus anda lengkapi sebelum menuju kantor Jamsostek:

1. Kartu Jamsostek asli
2. Surat Pengalaman Kerja asli, dan fotokopinya
3. KTP atau SIM yang masih berlaku, dan fotokopinya
4. Kartu Keluarga, dan fotokopinya
5. Surat Kuasa bermaterai enam ribu rupiah, jika anda menguasakan pengurusan kepada orang lain
6. Formulir isian (diisi di kantor Jamsostek)
7. Fotokopi buku tabungan dengan nama sesuai pada kartu Jamsostek untuk pencairan dana.

Pengalaman saya saat mengurus pencairan dana JHT di kantor Jamsostek cabang Bogor, saya datang terlalu siang. Menurut petugas satpam, biasanya orang pagi-pagi sekali datang untuk mengambil nomor antrian, sebab mereka membatasi pelayanan hanya untuk 60 orang per hari. Itulah sebabnya, keesokan harinya, pagi-pagi sekali semua data yang sudah saya lengkapi diverifikasi dan disetujui pencairan dananya dengan cara ditransfer ke rekening bank dalam waktu dua hari kerja. Nah, demikianlah pengalaman saya mencairkan dana JHT Jamsostek, bagi anda yang ingin mengurusnya, jangan ragu karena asal dokumen lengkap, semua proses akan dilakukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Lumayan kan? jika dana tersebut bisa anda manfaatkan untuk keperluan lain.๐Ÿ™‚

@windddo

Comments
  1. katanya harus nunggu lima tahun ya dari keagotaan di jamsostek buat nyairin saldo jamsostek ? bener gak sih? nah kalo saya udah kerja 4 tahun tapi di kantor baru ngak dapet jamsostek, apa boleh ngambil tuh ?/

    • gerbongtiga says:

      Iya betul, harus menunggu keanggotaan di jamsostek selama 5 tahun plus 6 bulan. Sebenarnya sih enggak masalah kalau memang sudah mengundurkan diri, asal lama keanggotaan sudah terpenuhi, dan syarat dokumen sudah terpenuhi juga. Kejadian kemarin, saya tidak ditanyakan mengenai kepesertaan saya yang baru.๐Ÿ™‚ selamat mencoba.

      • renta says:

        maz sy ingin bertanya mungkin anda sudah banyak pengalaman mengenai jamsostek. bila pindah perusahaan, sebenarnya untuk mudah kedepannya jamsostek itu diteruskan diperusahaan baru atau minta dibuatkan yang baru ya? terima kasih sebelumnya

      • Kate Kate says:

        saya ingin bertanya apakah dana jamsostek akan cair jika persyaratan lengkap akan tetapi saya udah baru bekerja 2 tahun lebih apa mungkin bisa mencairkan dana tersebut

    • charles simarmata says:

      Laporkan ke pihak yg berwajib perusahaan anda yg sekarang tdk memberlakukan jamsostek, UU mengenai jamsostek cukup jelas. Jerat pasal atas sanksi hukum kpd perusahaan yg mellanggar jg cukup jelas di UU….

  2. tony sanjaya says:

    saya sudah jadi anggota jamsostek dari 2003 di perushaan A, kemudian tahun 2007 saya pindah ke perusahaan B sampai skrg. surat keterangan berhenti bekerja dari perush A juga ada. tapi sayangnya kartu saya dilanjutkan, bukan bikin kartu baru. bisa gak ya ambil uang jamsostek pake surat keterangan dari perusahaan lama, sementara saya masih bekerja di perusahaan baru sampai sekarang?

  3. siti asiah says:

    sudah seminggu yang lalu kartu jamsostek saya ilang, kira-kira gimana ea cara ngurusnya,,,,

  4. siti asiah says:

    pencairan dana jamsostek itu 5 tahun setelah pengunduran diri dari perusahaan, atau 5 tahun ketika kita masuk di perusahaan tersebut????????//

    • gerbongtiga says:

      Sore mbak, pencairan dana jamsostek itu maksudnya setelah kepesertaan kita 5 tahun ditambah enam bulan. Jadi bukan terhitung sejak pengunduran diri. Bisa dicek pada kartu, atau rekening koran Jamsostek kita kapan mulai kepesertaan. Jadi, kalau misalnya kepesertaan mbak baru 3 tahun, lalu mengundurkan diri, maka saldo jamsostek baru bisa diambil dua tahun enam bulan kemudian.Begitu juga kalau misalnya kepesertaan jamsostek sudah enam tahun, maka saldo bisa langsung diambil setelah mengundurkan diri.๐Ÿ™‚ untuk kartu jamsostek yang hilang, mudah-mudahan mbak masih punya copy kartunya, atau rekening korannya, sebagai bahan untuk memeriksa saldo. Lalu mbak bisa membuat surat kehilangan dari kepolisian. Semoga bermanfaat. Thanks

  5. sitiasiah says:

    oc makasih ea wat info.y…๐Ÿ™‚

  6. arii hermansyah says:

    Klo sblum 5 thn, kira2 bisa d cairkan gx yah ??๐Ÿ™‚

  7. Ibuku Selalu Menasihatiku says:

    Bagaimana kalau hanya ada paklaring dari perusahaan yang terakhir? Apakah tetap diminta mulai dari perusahaan yang pertama? Demikian, mohon informasinya. Terima kasih.

  8. Gue Banget says:

    Saya peserta Jamsostek sudah 7 tahun di perusahaan A dan sekarang baru 1 minggu pindah kerja ke perusahaan B.
    nah diPerusahaan B ini tidak mau meneruskan Jamsostek yang lama dengan alasan ribetdotcom ngurusnya jadi saya dapat kartu Jamsostek baru.
    Jadi pertanyaannya
    bagaimana cara saya mencairkan dana Jamsostek dari perusahaan yang lama (A) sedangkan saya tidak ada waktu tunggu???
    (karena langsung kerja di Perusahaan B)

    • gerbongtiga says:

      Terima kasih komennya. Waktu tunggu itu jika lamanya kepesertaan masih dibawah 5 tahun 6 bulan. Kalau 7 tahun, otomatis sudah bisa dicairkan. Urus baru malah menguntungkan, krn saldo lama bisa diambil. Bawa juga kartu yg baru. Sebagai bukti kalau kepesertaan jamsostek anda sudah diperbarui hingga yg lama bisa diambil.๐Ÿ™‚

      • mamazz says:

        Klo misalkan tdk ada paklaring nya krn hilang,truss perusahaanya tmpat dlu bekerja sdh tutup bagaimana ya ma??

  9. mas mau tanya .. kalau nomor rekeningnya pakai nomor rekening orang tua bisa gag ??

  10. Anna Gultom says:

    Trima kasih infonya๐Ÿ™‚

  11. Maryusviana Vivi says:

    Kalau orang yang mau mencairkan sudah tidak mempunyai rekening / tabungannya sudah failed. Bisa tidak pakai No. Rek. Orang lain / Saudaranya?
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s