Apa Kabar Bintang Serial Dawson’s Creek?

Posted: October 20, 2012 in Resensi Film/TV
Tags:

TAK bisa dipungkiri, kesuksesan serial remaja Dawson’s Creek di akhir 90-an hingga awal tahun 2000-an membawa para pemeran utamanya menuju ketenaran. Berbagai macam tawaran iklan dan film layar lebar mendatangi seluruh cast serial yang dibuat oleh Kevin Williamson ini. Selama enam musim tayang, Dawson dan kawan-kawan menghibur pemirsanya dengan jalinan kisah cinta dan persahabatan yang ruwet dengan dialog-dialog cerdas dan (terlalu) dewasa untuk tokoh-tokohnya yang masih terbilang remaja. Nama-nama seperti James Van Der Beek, Katie Holmes, Joshua Jackson, dan Michelle Williams menjadi familiar seiring dengan kepopuleran serial yang pernah ditayangkan di stasiun TV nasional tersebut.

Setelah nyaris 10 tahun sejak berakhirnya serial tersebut, bagaimanakah nasib para bintang remaja yang sudah beranjak dewasa itu sekarang ini? Well, nama-nama seperti Katie Holmes masih sering menghiasi kolom berita sejak dirinya menjadi Ny. Tom Cruise hingga perceraiannya baru-baru ini. Sebagian lainnya bersinar dengan aktingnya yang diganjar penghargaan, yang lain malah karirnya mentok dan begitu-begitu saja. Berikut ini kabar terbaru para eks-pemeran Dawson’s Creek.

1. Meredith Monroe

Meredith Monroe

Sempat muncul di season dua hingga season empat, pemeran Andie McPhee yang dikisahkan mengalami ketidakstabilan emosi dan sempat berpacaran dengan tokoh Pacey Witter ini karirnya terbilang tak terlalu moncer di jagad Hollywood. Aktris yang berperan sebagai remaja umur 16 tahun padalah sudah nyaris 30 tahun pada saat berperan sebagai Andie ini hanya sesekali tampil sebagai bintang tamu serial-serial televisi terkini. Tak ada film layar lebar sukses yang dibintangi wanita awet muda kelahiran Houston, Texas ini.

2. James Van Der Beek

James Van der Beek

Pemeran tokoh sentral serial ini, sebagai tokoh utama Dawson, pemuda yang tinggal di kota kecil dan terobsesi ingin menjadi sutradara film ternama. Sebagai pemeran utama, Van Der Beek digadang-gadang sebagai bintang potensial di masa depan. Sayangnya, tak ada film layar lebar yang aktingnya benar-benar membuatnya menjadi terkenal. Banyak orang yang berkata bahwa James sulit terlepas dari tokoh Dawson sehingga sulit baginya untuk melepaskan bayang-bayang kepopuleran serial itu. Yang paling parah, pencapaiannya dalam satu tahun hanyalah tampil dalam satu video klip musik.

3. Kerr Smith

Kerr Smith

Memainkan karakter gay Jack McPhee, sekaligus berperan sebagai saudara kandung Andie, menjadikannya salah satu dari sedikit tokoh gay yang dimunculkan di serial TV. Bertahan hingga musim tayang terakhir, Kerr Smith yang memiliki Wajah awet muda (usianya 27 tahun saat memerankan Jack yang berumur 16), membuatnya dipercaya berperan di film-film remaja, termasuk Final Destination yang cukup nge-hits. Setelah Dawson’s Creek, Smith rutin menjadi bintang tamu tetap di berbagai serial populer Amerika. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah sebagai Kyle Brody di serial populer tentang tiga penyihir bersaudari, Charmed. Setelah itu, dia tampil di serial CSI dan NCIS hingga sekarang.

4. Joshua Jackson

Joshua Jackson

Sebelum terkenal lewat Dawson’s Creek, Joshua Jackson lebih dulu dikenal lewat film The Mighty Ducks saat kanak-kanak. Aktingnya yang santai mencuri perhatian pemirsa sejak kemunculannya di serial Dawson’s Creek. Banyak penggemar serial ini bersimpati pada karakter Pacey Witter yang walaupun terlihat seperti tak memiliki masalah, namun menyimpan keperihan karena sering tak dianggap oleh ayah dan keluarganya. Jackson rutin membintangi film-film layar lebar bertema remaja saat masih membintangi DC. Sebut saja Scream 2, Urban Legend, dan Cruel Intensions yang cukup ngehits. Walau belakangan film-film yang dibintanginya tak terlalu sukses, termasuk Shutter, remake film horor asal Thailand, kini Jackson dikenal dalam serial Fringe sebagai Peter Bishop.

5. Katie Holmes

Katie Holmes

Selepas memerankan Joey Potter, Katie Holmes lebih dikenal karena ia menjadi istri Tom Cruise. Beberapa film yang dia bintangi, seperti Batman Begins dan Don’t be Afraid of The Dark tak membuatnya dikenal karena kapasitas aktingnya. Padahal, perannya sebagai Joey dipuji kritikus. Nama Katie seolah tenggelam dalam soal akting, dan melambung sebagai Mrs. Cruise yang menghiasi tabloid dan majalah sampai perceraian mendadak mereka pada Juli 2012. Katie lebih banyak tampil sebagai juri ajang pencarian bakat dan bintang tamu beberapa serial TV. Namun kiprahnya dalam dunia akting konon ditunggu banyak pihak setelah menjadi Janda dari Tom Cruise. Kita tunggu saja.

6. Michelle Williams

Michelle Williams

Walau perannya dalam Dawson’s Creek dianggap kurang penting dari tokoh Joey, Michelle yang memerankan Jen Lindley, gadis dari New York yang terpaksa pindah ke kota di mana Dawson dan kawan-kawan tinggal, berhasil membuktikan bahwa kemampuan aktingnya tak bisa diremehkan. Awalnya Jen digambarkan sebagai gadis pemberontak yang selalu melawan neneknya yang religius serta hidup bebas, namun menyimpan karakter rapuh di dalamnya. Aktingnya semakin memikat sebagai gadis mandiri di kampus sampai mereka lulus. Jen digambarkan menjadi penghalang antara hubungan cinta Dawson dan Joey, namun belakangan karakternya berkembang dengan permasalahannya sendiri. Beruntung Michelle Williams seringkali mendapat skenario-skenario film bagus yang mengantarnya beradu akting dengan aktor-aktor hollywood ternama macam Leonardo diCaprio dalam film Shutter Island. Pertemuannya dengan Heath Ledger di lokasi film Brokeback Mountain membawa mereka ke pelaminan. Tewasnya Heath akibat overdosis di tahun 2008 membuat Michelle menjadi buruan pencari berita. Untungnya, lagi-lagi dia bisa membuktikan kehebatan aktingnya dalam film My Week with Marilyn saat memerankan aktris legendaris Marilyn Monroe sehingga menerima penghargaan Golden Globe di tahun 2011.

@windddo

foto-foto: facebook.com/dawsonscreek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s