FINDING NEMO 3D: Spektakulernya Keindahan Bawah Laut

Posted: October 12, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: ,

SAYA mengakui bahwa saya adalah penggemar fanatik film Finding Nemo. Entah sudah berapa puluh kali saya sudah menonton film yang bercerita tentang seekor ikan badut yang mengarungi lautan untuk menemukan anaknya ini. Nah, Walt Disney Pictures & Pixar Animation Studio merilis versi 3D film yang banyak disukai anak-anak dan orang dewasa ini. Tentu saja saya antusias menyambut film ini, karena belum pernah menontonnya di bioskop. Jadi, inilah momen yang saya tunggu hampir sepuluh tahun lamanya. Andrew Stanton, sutradara film Finding Nemo, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa film ini sebenarnya memang sudah dibuat dalam format 3 Dimensi. Hanya saja, Stanton menunggu momen rilis yang tepat untuk umum.

Rilis 3D ini tidak menambah atau mengurangi cerita yang ada. Tadinya saya sempat berharap bakal ada alternate ending atau extended scenes untuk rilis tahun 2012 ini. Namun hal itu tidak jadi masalah! sepanjang film saya menikmati keindahan bawah laut yang menjadi pengalaman luar biasa saya menyaksikan film 3D. Mungkin secara grafis, Finding Nemo 3D bisa saya sejajarkan dengan Avatar 3D karya James Cameron. Padahal, saya sempat menyaksikan Ice Age: Continental Drift dengan format 3D yang notabene teknologinya seharusnya sudah setaraf, namun tak sebagus Finding Nemo. Adegan-adegan yang terekam jelas di memori karena berkali-kali menonton, terasa lebih dramatis dengan penambahan efek 3D ini. Ah, saya tak bisa menyebutkan satu persatu adegan favorit saya di film ini, yang jelas anda tidak akan bosan menonton film ini walau sudah berkali-kali menontonnya.

Apa? Belum tahu cerita Finding Nemo? baiklah… untuk anda yang benar-benar kuper, Finding Nemo bercerita tentang Marlin, seekor Clownfish kecil yang overprotektif kepada Nemo, anaknya sendiri. Hari pertama sekolah, Nemo diculik oleh seorang dokter gigi yang tinggal di Sydney Australia. Marlin yang penakut dan traumatis karena istri dan anak-anaknya yang lain dibantai ikan Barakuda terpaksa memberanikan diri mengejar perahu yang membawa anaknya. Dalam perjalanan, Marlin bertemu Dory, ikan biru yang ceria namun pelupa. Bersama Dory, Marlin menembus lautan luas, menghadapi monster laut dan hiu ganas demi mengejar anaknya. Oh ya, seperti biasa Pixar Studio menayangkan film pendek sebelum film utama diputar. Jangan lewatkan kelucuan para boneka di Toy Story mengacau kamar mandi anak kecil pemilik mereka dalam film Party Saurus Rex.

@windddo

Finding Nemo 3D (2012) | Walt Disney Pictures – Pixar Animation Studios | Stars: Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould | Writers: Andrew Stanton | Director: Andrew Stanton, Lee Unkrich

Leave a Reply

