Film-Film Bertema “Frenemies”

Posted: October 10, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: ,

Frenemies: Bersahabat sekaligus bersaing

ISTILAH Frenemies adalah sebuah bahasa slang yang menggabungkan dua kata: Friend (sahabat), dan Enemies (Musuh). Frenemies bisa diartikan sebagai hubungan dua sahabat yang berujung menjadi musuh, atau bisa juga disimpulkan sebagai persahabatan yang diiringi rivalitas atau persaingan diam-diam diantara mereka. Banyak tema seperti ini diangkat ke serial TV dan layar lebar. Malah terkadang adegan manipulatif dan gontok-gontokan antar teman menjadi tontonan seru dan menguji akting pemerannya. Mungkin kamu tahu serial Gossip Girl? serial yang menceritakan kehidupan remaja kalangan atas di New York ini melulu mengedepankan persaingan dua gadis populer Serena Van der Woodsen (Blake Lively) dan Blair Waldorf (Leighton Meester). Baik Serena dan Blair sama-sama berteman sejak kecil, namun tak menutup kemungkinan mereka saling berebut posisi sebagai gadis terpopuler maupun menarik perhatian pria idaman yang sama. Meskipun begitu, keduanya tak bisa lama-lama bermusuhan karena sejatinya mereka tetaplah bersahabat.

Nah, beberapa film Hollywood yang pernah saya tonton pun ternyata mengangkat tema Frenemies ini sebagai konflik utamanya. Lucu sekali melihat persaingan antar sahabat sementara mereka seolah tak mau jauh dan tak bisa ke lain hati satu sama lainnya. Berikut daftar filmnya:

1. Mean Girls (2004)

Ketika Cady Heron (Lindsay Lohan) terpaksa meninggalkan Afrika dan bersekolah di SMU, dia terkaget-kaget dengan pengkotak-kotakan murid dalam bergaul. Belakangan, dia malah bergabung dengan grup siswi populer pimpinan Regina George (Rachel McAdams). Cady membawa misi untuk mengorek keburukan tiga gadis ‘plastik’ itu atas dukungan Janis, korban kekejaman Regina. Sementara itu, dia sendiri tak bisa memungkiri jika menikmati pergaulan dengan grup populer tersebut karena membuatnya disukai oleh Aaron Samuels (Jonathan Bennett) murid tampan di sekolahnya, sekaligus bersaing dengan Regina untuk mendapatkannya.

2. This Means War (2012)

Sementara aksi frenemies kebanyakan dilakukan wanita, dalam film ini dua agen CIA yang bersahabat berebut perhatian Lauren (Reese Witherspoon), seorang gadis manis yang bekerja di perusahan penguji produk-produk rumah tangga. Baik FDR (Chris Pine) maupun Tuck (Tom Hardy), bergantian mencoba membuat Lauren terkesan. Lucunya, mereka tak memberitahu pekerjaan mereka sesungguhnya sebagai agen rahasia dan malah memanfaatkan peralatan canggih CIA untuk saling menggagalkan kencan saingannya. Walapun berkompetisi merebut cinta Lauren, FDR dan Tuck tetap kompak melawan penjahat ulung yang mengejar mereka.

3. Something Borrowed (2011)

Rachel (Ginnifer Goodwin) dan Darcy (Kate Hudson) sudah bersahabat sejak kecil. Keduanya memilik sifat bertolak belakang. Rachel yang pemalu tak berani mengungkapkan rasa sukanya pada Dex, teman kuliahnya, sehingga akhirnya Dex direbut oleh Darcy. Bertahun-tahun kemudian, Darcy mengumumkan pernikahannya dengan Dex. Rachel yang tak tahan, menyatakan cintanya pada Dex sehingga mereka berselingkuh. Rachel pun dilematis memilih antara persahabatan atau pria yang dicintainya. Selain itu, Rachel pun berani “melawan” pada kesewenang-wenangan Darcy.

4. Bride Wars (2009)

Merencanakan menikah di bulan dan tahun yang sama, Liv (Kate Hudson) dan Emma (Anne Hathaway) memesan tempat untuk melangsungkan pernikahan di gedung yang sama sesuai impian mereka saat kanak-kanak. Celakanya, akibat kesalahan administrasi, mereka dijadwalkan menikah di hari yang sama. Tak mau impian mereka berantakan, serta tak ada yang mau mengalah, keduanya saling mensabotase pernikahan sahabatnya sendiri hingga bermusuhan. Belakangan salah satu dari mereka akhirnya batal menikah. Siapakah dia?

5. Death Becomes Her (1992)

Dan, film inilah yang menceritakan pertikaian dua sahabat yang benar-benar “abadi”. Menyindir gaya hidup selebritas Hollywood yang terlalu mengagungkan kecantikan dan kemudaan, film komedi satir ini menceritakan dua wanita Helen “Hell” Sharp (Goldie Hawn) dan Madeline “Mad” Ashton (Meryl Streep). Helen yang bertunangan dengan dokter Ernest Menville (Bruce Willis), terpaksa merelakan kekasihnya direbut Madeline yang berprofesi sebagai aktris broadway karena dia jauh lebih menarik. Helen terguncang dan menjadi gila. Bertahun-tahun kemudian, kehidupan rumah tangga Madeline dan Ernest seperti neraka. Madeline yang mulai tak laku sebagai aktris, terkejut dengan kembalinya Helen yang masih cantik, langsing, dan awet muda. Helen berusaha merebut Ernest kembali dari tangan Madeline. Madeline yang bingung akhirnya mengetahui rahasia Helen. Ternyata dia meminum ramuan khusus yang membuatnya awet muda dan tak dapat mati. Mengikuti jejak Helen, Madeline melakukan hal yang sama. Tak disangka, dalam sebuah perkelahian, tubuh Madeline dan Helen sama-sama rusak namun tidak mati. Keduanya membutuhkan Ernest yang berprofesi sebagai tukang rias mayat untuk mempertahankan kecantikan mereka. Dua wanita yang tadinya bermusuhan bak anjing dan kucing, kini bekerja sama membujuk Ernest untuk meminum ramuan ajaib itu.

@windddo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s