5 Film Komedi Romantis Berlatar Penerbitan Majalah

Posted: October 7, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , , ,

KESIBUKAN para jurnalis di kantor majalah seringkali digunakan menjadi inspirasi dan latar belakang cerita film, khususnya buatan Hollywood. Beberapa film menggunakannya hanya sebagai latar belakang cerita, namun ada juga yang benar-benar mengangkat tema konflik dan kehidupan para pekerja kreatif majalah gaya hidup dalam karakter utamanya. Menarik sekali melihat sepak terjang mereka yang dituntut untuk selalu mengeluarkan ide-ide segar dan kreatif untuk membuat majalah yang mereka kerjakan menarik minat pembeli. Selain itu, persaingan di tengah deadline antar personel merebut posisi prestisius sebagai jurnalis yang mumpuni juga menjadi cerita seru tersendiri di film-film tersebut. Jika anda tertarik dengan tema-tema film yang berlatar penerbitan majalah, mungkin film-film yang pernah saya tonton di bawah ini bisa menjadi pilihan anda.

1. Friends With Benefits (2011)

Justin Timberlake memerankan Dylan, editor bagian art majalah GQ di New York. Pekerjaan di bagian kreatif didukung oleh sahabatnya Jamie (Mila Kunis). Keduanya berusaha mencapai karir sebagai jurnalis di majalah terkemuka. Persahabatan mereka berujung pada romansa saat keduanya memutuskan untuk bercinta tanpa ikatan apapun.

2. How to Lose a Guy in 10 Days (2003)

Andie Anderson (Kate Hudson), ingin menulis artikel yang lebih berbobot di majalah fesyen tempatnya bekerja: Composure. Sang pimpinan menyanggupi, asalkan Andie dapat menulis artikel tentang bagaimana cara untuk membuat cowok ilfeel terhadap cewek. Di sisi lain, Ben Barry (Matthew McConaughey) seorang eksekutif periklanan, ditantang untuk mendapatkan seorang cewek untuk diajak berkomitmen, tak peduli betapa menyebalkannya dia. Kebetulan wanita yang dipilih teman-teman Ben sebagai bahan taruhan adalah Andie. Kedua orang dengan motif berbeda ini berpacaran dengan usaha masing-masing untuk mempertahankan hubungan dan juga membuat ilfeel pasangannya.

3. 13 Going on 30 (2004)

Sering dibully oleh teman-teman sekolahnya membuat Jenna Rink (Jennifer Garner) berharap dirinya lekas dewasa. Saat ulangtahunnya yang ke-13, permohonannya terkabul. Mendadak dia terbangun sebagai wanita dewasa berusia 30 tahun, cantik, ambisius, dan bekerja sebagai editor utama majalah fesyen, Poise. Kehidupan yang dia idam-idamkan ternyata tak sesempurna yang dibayangkan. Kebanyakan orang tidak menyukainya, termasuk Matt (Mark Ruffalo), sahabatnya sejak kecil yang diam-diam mencintainya. Jenna pun berkompetisi melawan rekan kerja yang berusaha menjatuhkannya, sambil berusaha meyakinkan Matt bahwa dia pun memiliki perasaan yang sama.

4. Confessions of a Shopaholic (2009)

Ambisinya untuk bekerja di majalah fesyen Alette membuat Rebecca Bloomwood terpaksa menjadi jurnalis majalah keuangan di kantor yang sama. Ironis, karena Rebecca mengisi kolom sebagai penasehat finansial, sementara kecanduannya berbelanja membuatnya kesulitan keuangan dan dikejar-kejar oleh debt collector. Ketika editor-in-chief tampan yang diam-diam disukai Rebecca mengetahui rahasianya, hidupnya menjadi berantakan. Namun dia ditawari oleh pimpinan Alette untuk menjadi penulis di majalah tersebut karena pengetahuannya yang bagus dibidang fesyen. Apakah Rebecca akhirnya mengambil pekerjaan yang selama ini dia idamkan? Film yang diadaptasi dari novel laris berjudul sama ini diperankan oleh Isla Fisher dan Hugh Dancy.

5. The Devil Wears Prada (2006)

Mungkin inilah film yang benar-benar terinspirasi oleh kehidupan Editor-in-chief ternama majalah Vogue, Anna Wintour. Dikisahkan, Andy Sachs (Anne Hathaway) memulai karirnya sebagai asisten pimpinan majalah mode terkemuka Runway, Miranda Priestly (Meryl Streep). Perilaku dan sifat sinis bosnya yang kadang diluar batas membuat Andie tersiksa bekerja di majalah tersebut. Terlebih dia sendiri merasa tidak cocok dengan keglamoran industri fesyen yang selalu menuntut kesempurnaan dan keindahan tubuh wanita. Di bawah tekanan, berbagai tugas berat yang dicurahkan Miranda diselesaikan Andie dengan susah payah. Film ini diangkat dari pengalaman pribadi Lauren Weisberger, penulis novel berjudul sama yang pernah bekerja sebagai asisten Anna Wintour. Di tahun 2009, muncullah film dokumenter yang menyoroti kehidupan Anna dalam usahanya menyajikan keglamoran edisi September majalah Vogue berjudul The September Issue.

@windddo

Comments
  1. renaldazwari says:

    di film devil wears prada inilah, gw mulai nge-fans sama anne hathaway… uhuy….😀

  2. Filmnya emg bagus2 ni. Yang belum saya tonton cuma Friends With Benefit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s