Kesalahan Fatal Manipulasi Foto Selebritas

Posted: August 26, 2012 in Nyinyir
Tags: , , , , , ,

KATA Orangtua dulu, “Jangan percaya apa yang kamu lihat di majalah dan TV!”. Mungkin ucapan itu ada benarnya. Seiring dengan perkembangan teknologi digital dan fotografi, berbagai macam cara dan teknik digunakan untuk mempercantik gambar-gambar digital. Salah satunya yang populer digunakan adalah teknik air-brush oleh piranti lunak pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Tetapi belakangan, penggunaan piranti lunak tersebut cenderung berlebihan. Niat hati ingin memperindah atau memperbaiki sebuah foto, hasilnya malah terkesan tidak natural.

Penggunaan piranti lunak untuk meningkatkan kualitas sebuah gambar bukannya tidak pernah menuai kritik. Industri periklanan dan majalah fesyen dikritik karena menjual produk dengan menggunakan model-model yang sudah melewati proses editing sehingga timbul kesan tidak nyata dan menyesatkan. Misalnya kulit model yang dibuat mulus tanpa keriput, lekuk tubuh yang kelihatan lebih ramping, atau warna kulit yang jauh dari aslinya. Yang belum lama dibicarakan adalah saat Badan Pengawasan Iklan menuding L’oreal Paris telah berlebihan mengedit foto Rachel Weisz dalam sebuah iklan produk anti keriput. Hal ini diprotes karena kulit wajah Rachel dalam iklan itu terlihat sangat kencang, dan halus, sementara pada kenyataannya keriput sudah muncul pada aktris berusia 42 tahun itu. Olay pun pernah dikritik saat menampilkan Twiggy, ikon model tahun 70-an saat mengiklankan produk anti kerutan mata. Banyak pihak merasa foto untuk iklan tersebut telah direkayasa dan diperhalus sehingga tidak sesuai dengan aslinya. Hmmm.. coba bandingkan dengan iklan L’oreal Indonesia yang menampilkan wajah Nicolas Saputra di bawah ini. Bagaimana menurut anda?

Industri mode di majalah juga kerapkali dikritik karena menampilkan gambar-gambar sampul yang dibuat glamor dan menampilkan model yang kelewat kurus hasil foto editing. Hal ini dikhawatirkan akan memancing banyak orang untuk berlomba-lomba menguruskan badannya hingga rentan terkena kelainan pola makan gara-gara imej yang dibentuk akan standar kecantikan yang salah. Namun apa jadinya bila hasil editing foto tersebut malah menjadikan gambar menggelikan dan tidak masuk akal? Seperti gambar-gambar yang dilansir dari situs psdisasters.com, malahan membuat beberapa selebritis tampak seperti mahluk asing dan jauh dari kesan alami anatomi tubuh manusia.

1. Beyonce memiliki tiga tangan?

Mungkin, sang editor majalah ingin mendapatkan foto artis Beyonce yang melambaikan kedua tangannya. Namun kesalahan edit membuat artis ini seolah-olah memiliki tiga buah tangan.

2. Lengan Kristen Stewart diamputasi?

Pada cover majalah Glamour, lengan Kristen Stewart terlihat menghilang di lipatan pahanya. Kemungkinan awal, lengan pemeran Bella Swan di film Twilight ini terlingkar di perut. Entah mengapa editor majalah menghilangkannya sehingga lengan Kristen tampak seperti diamputasi.

3. Ke mana separuh perut Adam Levine?

Vokalis band Maroon Five yang juga juri di acara pencarian bakat The Voice ini berpose bersama kekasihnya Anna Vyalitsyna untuk fashion spread di majalah Vogue Rusia edisi November 2011. Mungkin mereka berniat membuat perut Adam Levine terlihat lebih ramping dan membuat kaki sang kekasih terbuka lebih lebar. Akan tetapi malah membuat torso dan perut Adam terlihat hilang separuh. Sangat konyol!

4. Pergelangan tangan melayang seorang Model

Natasha Poly, seorang model harus rela terlihat tak memiliki lengan pada sampul majalah Vogue Rusia edisi Agustus 2012. Rupanya lengan dan siku model berusia 27 tahun itu dihapus dengan photoshop sehingga yang tampak hanyalah pergelangan tangannya saja di belakang kepalanya.

5. Model wanita tanpa payudara

Majalah Vogue Turki pun pernah melakukan kecerobohan yang sama. Jacquelyn Jablonsky, model asal Amerika ini terlihat tidak memiliki payudara pada sampul majalah edisi November 2011 itu. Bukan itu saja, teknik ceroboh yang menghilangkan lekuk payudara model cantik tersebut juga membuat warna kulit di area dada terlihat berbeda ketimbang bagian leher.

6. Coco Rocha kelewat seksi

Model papan atas asal Kanada ini pernah berang dan menulis di blog pribadinya karena keberatan dengan majalah Elle Brasil yang menampilkan dirinya sebagai model sampul edisi bulan Mei 2012. Coco yang selalu menolak untuk tampil kelewat terbuka apalagi telanjang ini marah saat foto yang ditampilkan telah diedit hingga dirinya tampak seperti nyaris telanjang dan kelewat seksi. Padahal saat itu menurutnya dia mengenakan busana yang tidak terlalu terbuka.

7. Adele berhasil diet?

Semua orang tahu bahwa Adele, penyanyi berbakat asal Inggris Raya ini memiliki postur tubuh yang subur. Anehnya, saat tampil di majalah Vogue edisi Maret, wajah artis ini terlihat tirus dengan lekuk tubuh lebih ramping. Apakah Adele benar-benar sukses menjalani program dietnya?

8. Kate Middleton kelewat kurus?

Istri Pangeran William ini pun pernah terkena hasil photoshop saat foto dirinya menggunakan pakaian pengantin menjadi sampul majalah Grazia. Pinggang Kate yang terlihat kelewat kurus mengundang tanda tanya pembaca. Belakangan pihak majalah Grazia mengakui telah membuat lingkar pinggang Kate lebih kecil dengan teknik photoshop.

9. Blasteran manusia dengan jerapah

Leher jenjang bak angsa memang dianggap sebagai lambang kecantikan seorang wanita. Namun apa jadinya bila leher model di bawah ini terlihat tidak alami seakan dirinya hasil dari perkawinan antara manusia dengan jerapah?

@windddo, dari berbagai sumber.

Comments
  1. renaldazwari says:

    makanya… kalo belajar photoshop itu yang serius…

    namanya juga orang jualan… orang promosi, ya mesti mantap dong…

  2. aku pengen ketawa terus dari tadi liat foto2 nya hahhaaaaaa
    tapi nicolas saputra mau di edit apa gak tetep aja cakep hihihiiii

  3. novi says:

    mantap gan artikelna

  4. wulan kety says:

    hahaha..
    lucu banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s