Mesjid Al Munawwar Ternate, Keindahan Mesjid Agung di Antara 3 Alam (Seri Wisata Maluku & Maluku Utara, Bag. 3)

Posted: July 25, 2012 in Travel
Tags: , ,

Salah satu menara mesjid yang berada di air laut

JIKA kita melihat dari ketinggian udara saat hendak mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate, atau mungkin dari atas kapal laut saat mendekati pelabuhan Ahmad Yani, bahkan jika kita sedang berjalan-jalan mengelilingi kota Ternate, mesjid Al Munawwar mungkin adalah bangunan pertama yang menarik perhatian mata kita. Mesjid terbesar di Maluku Utara sekaligus ikon kota Ternate yang menjadi kebanggaan warga ini diresmikan pada bulan Agustus 2010. Uniknya, Mesjid ini berdiri tepat di bibir pantai Swering Gamalama dengan dua menara di darat, dan dua menara yang terendam di laut.

Saat masuk ke dalam mesjid, kita akan merasakan sejuknya angin pantai yang dengan bebas mengalir melalui sisi-sisi bangunan mesjid berwarna hijau-putih ini. Suara air laut menambah khusyu-nya orang-orang yang beribadah di dalamnya. Lantai keramik yang mengilap dan bening serta pilar-pilar putih dengan ornamen warna emas di ujungnya menghiasi bagian dalam mesjid sehingga menambah keindahannya. Mengitari Mesjid Al Munawwar sama artinya kita menjelajah dengan disuguhi pemandangan indah sekitar pulau Ternate. Laut yang tenang dengan bentang pulau Halmahera, Maitara, dan Tidore membuat waktu seakan berjalan sangat lambat. Di sisi lain mesjid, kita bisa melihat pemandangan Gunung Gamalama yang hijau. Sungguh! Beribadah di mesjid ini seakan membuat kita merasa ada di perbatasan antara tiga alam: darat, laut, dan udara.

Sayangnya, salah satu menara mesjid yang berada di laut lambat laun mulai miring karena pelapukan. Kini menara yang miring itu telah diruntuhkan. Semoga saja pemerintah kota Ternate dapat mengembalikan menara mesjid yang telah hilang tersebut agar Mesjid Al Munawwar tetap menjadi kebanggan warga Ternate dan Maluku Utara.

@windddo

Comments
  1. konon katanya menara yg miring itu bukan karena pelapukan tapi akibat gempa yang baru2 ini terjadi di ternate. sehingga menara tersebut mengalami goncangan dan menjadi miring……bukan karena pelapukan, secara baru dibangun bukan..???

    • gerbongtiga says:

      Ada beberapa versi sih, ada yang bilang karena getaran letusan gunung Gamalama tgl 05 Des 2011 kemarin, ada juga versi yang mengatakan kalau menara itu miring karena angin yang cukup kencang serta pondasinya yang kurang kokoh.🙂 thanks ya udah mampir ke blog saya.

  2. […] Masjid Al Munawwar Ternate, Keindahan Masjid Agung di Antara 3 Alam (Seri Wisata Maluku dan Maluku U… […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s