Ice Age 4: Continental Drift. Setelah Dinosaurus, Apa Lagi Sekarang?

Posted: July 22, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , ,

SETELAH menghadapi kawanan Dinosaurus di sekuel ke-tiga, kali ini Trio Ajaib: Manny-Sid-Diego harus berjuang menghadapi bahaya baru, terpecahnya benua tunggal Pangaea menjadi 5. Tunggu dulu… Apa? Bukankah setting zaman es ini terjadi sekitar 11 ribu tahun yang lalu? Bukankah terpecahnya Pangaea itu terjadi 300 juta tahun yang lalu? Dan penyebab terpisahnya daratan luas itu karena Scrat, si tupai purba yang terobsesi pada kenari? Ah, sudahlah… abaikan saja semua ketidak-masuk-akalan dalam film ini. Mari kita tengok apalagi cerita yang dihadirkan oleh sutradara Steve Martino dan penulis cerita Michael Berg dari sekuel ke empat kisah hewan-hewan di masa bumi masih mengalami zaman es ini.


Dikisahkan Manny (Suaranya diisi oleh Ray Romano) yang beristrikan Ellie (Queen Latifah), sudah memiliki anak gadis yang beranjak remaja, Peaches (Keke Palmer). Manny yang overprotektif sangat mengkhawatirkan keselamatan putrinya. Sementara itu, Sid si Kukang (John Leguizamo) kedatangan tamu nyentrik: Neneknya sendiri (Wanda Sykes). Di luar kehidupan kawanan mamalia purba yang tenang, bahaya mengancam. Tanah yang bergetar menandakan benua mulai terpecah dan bergeser. Getaran dahsyat mengakibatkan Manny, Sid, dan Diego si Macan Gigi Pedang (Denis Leary), terhanyut ke laut lepas di atas bongkahan es dan terpisah dari keluarga dan teman-teman mereka. Dalam perjalanannya berusaha kembali ke daratan, mereka menghadapi gerombolan bajak laut yang dipimpin oleh Orangutan prasejarah, Kapten Gutt (Peter Dinklage). Manny dkk. yang disandera dan disiksa perompak kejam itu, berusaha meloloskan diri dan memengaruhi Shira (Jennifer Lopez), Macan betina yang disukai oleh Diego, untuk bergabung bersama mereka. Berhasilkah mereka meloloskan diri? Bagaimana nasib Ellie dan Peaches serta hewan lainnya yang juga terancam bahaya di daratan? Jawabannya ada di pertempuran akhir antara Manny dan Kapten Gutt di penghujung film berdurasi 88 Menit ini.

 
Dibandingkan dengan Ice Age 3: Dawn of the Dinosaurs, tak banyak scene memorable dan benar-benar mengocok perut. Untungnya, kelakuan Sid dan Neneknya masih berhasil memancing tawa penonton di sana-sini. Tampaknya, banyaknya tokoh-tokoh baru seakan berebut porsi peran dalam durasi film yang tidak terlalu lama ini. Duet Possum Eddie dan Crash Yang gokil dan lucu di dua film sebelumnya, tampak kurang berhasil menciptakan kelucuan. Asyiknya, animasi yang disuguhkan semakin tampak nyata. Gerakan tubuh sampai goyangan bulu-bulu hewan terlihat sangat halus. Efek ini akan lebih terasa memanjakan mata penonton apabila ditonton dalam versi 3 dimensi.
Untuk mencapai sebuah sukses, film animasi harus berhasil menghibur semua umur. Anak-anak bisa tertawa melihat tingkah polah tokoh hewan yang menggemaskan, orang dewasa yang menemani anak-anaknya bisa tersenyum dengan lontaran dialog atau joke yang mengandung kode maupun arti tertentu yang hanya bisa dimengerti oleh mereka. Sayangnya, Ice Age 4 minim sekali mengumbar dialog-dialog semacam itu. Film ini memang tetap menghibur, namun tak ada kalimat memorable yang bisa dikenang selepas menonton film ini. Apakah sekuel ke-empat ini bakal mendulang sukses seperti pendahulunya? Tampaknya demikian jika dilihat dari pemasukan uang dalam daftar box-office di Amerika Serikat. Saya tak akan heran apabila mereka menyiapkan sequel ke-5 film ini nantinya, walaupun sambil berpikir: “Apa lagi ceritanya nanti?”

Catatan:

1. Jangan lewatkan film pendek The Simpsons di awal film! Maggie Simpson, si bungsu anak pasangan Homer dan Marge ini berusaha menyelamatkan ulat dari pembantaian anak nakal di tempat penitipan anak. Film ini sangat lucu dan menghibur.
2. Scrat, si tupai purba yang lucu, masih terobsesi dengan kenari, masih menjadi trouble-maker di film ini, sekaligus penyelamat di saat genting.
3. Ada hamster-hamster purba yang menggemaskan! Lucu sekali melihat mereka hanya bisa berkomunikasi dengan Sid.

@windddo

Ice Age: Continental Drift (2012) | 20th Century Fox | Pengisi Suara: Ray Romano, John Leguizamo, Denis Leary, Queen Latifah, Jennifer Lopez | Sutradara: Steve Martino | Naskah: Michael Berg | Durasi: 88 menit.

Comments
  1. egi says:

    putar kn acara ice age ntar malam ini pada jm sepuluh d RCTI jangan bhong/lupa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s