DARK SHADOWS: Saatnya Johnny Depp Menjadi Vampir

Posted: May 19, 2012 in Resensi Film/TV
Tags:

Sudah berkali-kali sutradara Tim Burton dan Johnny Depp berkolaborasi di dalam sebuah Film. Di Tangan Tim Burton, Johnny Depp kerapkali mendapat peran tokoh-tokoh nyeleneh, komikal, dan karikatural. Sejak memerankan si aneh bertangan gunting, Edward Scissorhands, Depp memerankan karakter nyentrik macam Mad Hatter di Alice in Wonderland (2010) atau Willy Wonka di Charlie and the Chocolate Factory (2005). Dan kini, Burton ‘memaksa’ Depp menjadi seorang Vampir yang terkurung selama dua abad dalam peti mati di film teranyar mereka Dark Shadows.

Dikisahkan seorang pemuda bernama Barnabas Collins (Depp) bersama keluarganya merantau dari Liverpool, Inggris menuju Amerika di abad ke-18. Segera mereka menjadi keluarga terpandang yang tinggal di sebuah kastil megah. Barnabas tumbuh menjadi seorang playboy karena dianugerahi wajah tampan dan kekayaan. Salah satu wanita yang dipacarinya adalah seorang pelayan bernama Angelique Bouchard (Eva Green.) Perbedaan status sosial membuat Barnabas mencampakkan Angelique. Yang tidak diketahui Barnabas, Angelique adalah seorang Penyihir. Dendam atas perlakuan Barnabas, Angelique mengguna-gunai keluarga Collins. Setelah membunuh orangtuanya, dia pun membuat Josette (Bella Heathcote), tunangan Barnabas bunuh diri. Tak ingin ditinggalkan, Barnabas ikut melompat dari tebing. Sayangnya, dia tidak mati karena Angelique telanjur mengutuknya menjadi Vampir. Tak cukup melihat Barnabas menderita, Angelique membuatnya terkurung dan dikubur hidup-hidup di dalam peti mati selama nyaris 200 tahun.
Dua abad telah berlalu. Kediaman keluarga Collins ditempati oleh keturunannya. Elizabeth dan putrinya, Carolyn, Roger, adik dari Elizabeth dan putranya yang masih kecil, David, dua orang pelayan, dan Julia Hoffman, seorang psikiater pemabuk yang disewa Elizabeth untuk membantu David yang depresi sejak ibunya meninggal. Keluarga mereka nyaris bangkrut karena Angelique yang ternyata masih hidup, menguasai bisnis pengalengan ikan di kota tersebut. Tanpa sengaja kuburan Barnabas tergali sehingga dia bisa keluar. Dia pun menuju rumahnya dan bersumpah untuk membalas dendam pada Angelique serta membantu keluarganya dari keterpurukan. Sementara itu, seorang pengasuh anak bernama Victoria yang wajahnya mirip dengan Josette menarik perhatian Barnabas.

Tim Burton bisa dibilang sangat fasih menggambarkan suasana abad pertengahan maupun zaman kolonial. Kegemarannya mengambil gambar bernuansa gloomy dan gotik sesuai dengan tema-tema filmnya yang kebanyakan horor-komedi hitam rupanya tak berhasil dikombinasikan dengan setting tahun 1972 di mana masa tersebut adalah era dari kejayaan fashion, warna, dan musik hingar-bingar hangat. Penggambaran tahun tujuh puluhan direpresentasikan oleh poster-poster artis masa itu di kamar Carolyn yang masih remaja, dan lagu-lagu milik The Carpenters. Johnny Depp seperti biasa total dalam memerankan karakter nyeleneh. Digambarkan Barnabas terkena gap era. Aktingnya lumayan menghibur ketika Barnabas melihat perubahan zaman dan teknologi, tapi tetap sok tahu dan bersikap kolot. Sayangnya, hanya Depp, Bonham-Carter, dan Eva Green yang berakting karikatural. Selebihnya berakting seperti biasa. Sulit memang melihat Michelle Pfeiffer, yang digambarkan sebagai kepala keluarga Collins abad ini, berakting komikal, sehingga aktingnya pun terasa datar. Anda juga bisa melihat kelucuan interaksi benci-tapi-rindu antara Barnabas dan Angelique hingga duel final mereka di akhir film. Bagi penggemar yang rindu dengan akting Johnny Depp dalam arahan Tim Burton, tak ada salahnya anda ke bioskop menonton film ini.

@windddo

JUDUL FILM: Dark Shadow | TAHUN RILIS: 2012 | PEMAIN: Johnny Depp, Michelle Pfeiffer, Eva Green, Helena Bonham-Carter | SUTRADARA: Tim Burton | PRODUKSI: Village Roadshow, Warner Bros. Pictures | DURASI: 113 Menit

Comments
  1. idenyaandi says:

    jadi pengen nonton :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s