SOMETHING BORROWED: Kupinjam Tunanganmu Sebelum Menikah

Posted: March 17, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , ,

“Kalau memang suka, bilanglah!” Nasihat itu tidak dilakukan oleh Rachel dan Dex saat mereka berdua berteman dan kuliah hukum di universitas yang sama. Keduanya menyimpan rasa suka tanpa berani mengungkapkannya. Hingga suatu hari, Darcy, sahabat Rachel sejak kecil, berkenalan dengan Dex dan dengan berani mengajaknya kencan. Rachel pun tidak bisa berbuat apa-apa ketika Dex dan Darcy akhirnya berpacaran sampai akhirnya mereka berencana untuk menikah dan mengumumkannya enam tahun kemudian saat pesta ulang tahun Rachel yang ke tigapuluh. Rachel yang belum bisa melupakan Dex, tanpa sadar kelepasan bicara saat mabuk dan mengatakan padanya betapa dia menyukainya sejak kuliah dulu. Dex yang memiliki perasaan yang sama mencium Rachel malam itu. Dan keduanya terkejut saat terbangun di pagi hari di ranjang yang sama.

"Rachel tidak bisa melupakan Dex yang telah bertunangan dengan sahabatnya" foto: courtesy of Warner Bros. Pictures


Itulah benang merah film Something Borrowed yang diangkat dari novel chick-lit ini. Rachel kemudian merasa bersalah karena bagaimanapun dia telah tidur dengan tunangan sahabatnya sendiri walaupun sebenarnya itu dilakukan Rachel karena dia masih mencintai Dex. Keduanya berusaha menyembunyikan kenyataan terutama dari Darcy. Namun kelakuan mereka berdua yang aneh membuat Ethan, sahabat kedua gadis itu, menjadi curiga. Ethan menasehati Rachel agar memaksa Dex bersikap tegas. Tetapi Rachel tidak tega dan lebih memilih menahan diri walau sakit hati melihat kemesraan antara Darcy dan Dex di depan matanya.


Tokoh Rachel yang diperankan Ginnifer Goodwin, adalah tipikal gadis kutubuku yang memendam perasaan cinta pada sahabatnya sendiri, Dex (Colin Egglesfield). Sayang sekali aktingnya kurang bisa membuat penonton jatuh cinta pada karakternya yang digambarkan selalu mengalah pada Darcy sahabatnya yang dominan. Kate Hudson, yang memerankan Darcy, seperti biasa selalu mendapatkan karakter gadis pirang penuh percaya diri dan mengintimidasi seperti peran-perannya terdahulu seperti di film Bride’s War (2009) dan How To Lose A Guy In 10 Days (2003). Menarik melihat akting John Krasinski yang memerankan Ethan ketika dia gemas pada sikap plin-plan Rachel dan Dex sementara dia sendiri diam-diam menyukai Rachel sejak lama.
Ending film ini sudah bisa ditebak. Penulis cerita menggampangkan keputusan Dex dan Rachel untuk bersatu dengan menceritakan bahwa Darcy sendiri telah berselingkuh. Tidak ada twist dan kejutan menarik dalam film ini. Komedi dan dialog yang ditampilkan juga serba tanggung. Luke Greenfield, sang sutradara memilih pendekatan bertutur dengan gaya flashback kenangan Rachel saat masa-masa kuliah. Tapi sebagai tontonan malam minggu seorang jomblo macam saya, (ya Tuhan! Saya tidak percaya sudah menonton film ini dan terlihat seperti bujangan umur limapuluh tahun yang putus asa) film ini lumayan menghibur. Saya suka adegan saat Darcy dan Rachel melakukan tarian lagu Push It! Milik Salt N Peppa’.

by @windddo

Poster film Something Borrowed (dok. Warner Bros. Pictures release)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s