(Nostalgia) FRIDAY THE 13th: Serial Tentang Barang Antik Terkutuk

Posted: February 23, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , , ,

Masih ingat dengan pembuka film seri ini? Adegan seolah kita digiring masuk melalui lubang kunci ke sebuah ruangan yang dipenuhi barang antik, serta boneka gorilla yang melambaikan tangannya, dan berakhir pada sangkar burung emas sebelum meledak saat judul serial itu muncul? Ya! Kalau anda masih ingat, dulu saban malam Jumat jam delapan ada serial yang ditunggu-tunggu yaitu Friday The 13th di TVRI.

Syukur-syukur kalau malam itu tidak ada acara ‘khusus’ kenegaraan yang membuat jadwal serial tersebut dibatalkan atau tayang larut malam. Maklum, saat itu monopoli acara masih dipegang oleh TVRI dan belum ada TV Swasta sebagai pesaing. Serial ini juga tidak ada sangkut pautnya dengan film horor-slasher populer yang dibuat sampai belasan sequel dengan penjahat utama Jason Vorhees di mana dia membunuh para remaja di Camp Crystal Lake dengan golok serta memakai topeng olahraga hockey.

"Opening Title Serial Friday The 13th"

"Opening Title Serial Friday The 13th"

Keinginan duniawi yang serba instan

Dia menyerahkan jiwanya pada setan dan menjual barang-barang antik yang mempunyai kekuatan sihir hitam kepada orang-orang yang ingin memuaskan nafsu duniawi secara instan.

Anyway, acara yang opening scene dan musiknya saja sudah bikin saya merinding ini berkisah tentang seorang pemilik toko antik “Vendredi’s Antiques” bernama Lewis Vendredi (dalam bahasa Perancis, Vendredi berarti Jumat). Dia menyerahkan jiwanya pada setan dan menjual barang-barang antik yang mempunyai kekuatan sihir hitam kepada orang-orang yang ingin memuaskan nafsu duniawi secara instan. Biasanya agar keinginan si pemilik barang antik itu tercapai, dia harus mengorbankan nyawa orang lain terlebih dahulu. Lewis kemudian melanggar kesepakatan sehingga jiwanya diambil oleh Iblis. Dia mewariskan tokonya pada keponakannya, Michelle “Micki” Foster. Micki, dibantu sepupunya, Ryan Dallion, dan kerabat Lewis, Jack Marshak, memburu barang-barang antik terkutuk itu kembali sebelum semakin disalahgunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Micki, Ryan, dan Jack berusaha mengambil kembali barang-barang antik yang bentuk dan kegunaannya bermacam-macam itu. Kadang nyawa mereka pun terancam karena biasanya si pemilik enggan melepaskan benda terkutuk itu karena telah tahu ‘manfaatnya’. Seperti misalnya, ada pisau bedah yang sanggup menyembuhkan orang, namun si dokter pemilik pisau itu harus mencabut nyawa orang lain lebih dulu agar operasinya berhasil. Ada juga artis penyanyi ataupun model yang ingin tetap awet muda dan terkenal tak segan-segan membunuh orang lewat perantara benda antik yang mereka pegang. Ada juga benda antik yang dipakai untuk melenyapkan nyawa orang lain karena dendam atau cemburu. Dalam beberapa episode diceritakan kalau mereka bertiga kadang tergoda untuk memakai sendiri benda-benda antik tersebut untuk keuntungan pribadi.

Keinginan manusia yang ingin cepat kaya, cepat sukses, cepat terkenal dan hal-hal menyenangkan duniawi membuat sebagian orang rela melakukan apa saja termasuk memuja setan dan bersekutu dengan mereka walau harus mengorbankan nyawa orang lain sebagai tumbal. Biasanya pemilik benda antik terkutuk itu akan menjadi korban akibat kejahatannya sendiri di tiap akhir episode.

Karakter Utama

"3 karakter utama: Micki, Jack, dan Ryan"

"3 karakter utama: Micki, Jack, dan Ryan"

1. Micki Foster (diperankan oleh Robey)
Saat diwarisi toko antik milik pamannya, dia belum sadar bahwa benda-benda antik di toko itu sangat berbahaya dan mengandung kutukan sehingga tanpa sadar menjual beberapa barang tersebut. Sampai akhirnya Jack datang, Micki berusaha mengembalikan semua benda antik yang telah dia dan pamannya jual. Di salah satu episode, Micki bimbang dan ingin keluar dari toko untuk menikah dengan tunangannya, namun batal. Micki pun pernah mati akibat dari salah satu benda antik (koin) di episode lainnya sebelum akhirnya dibangkitkan kembali. Belakangan Micki menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan sihir dan kemudian dia lepas untuk menyelamatkan Ryan.

2. Ryan Dallion (diperankan oleh John D. Le May)
Sepupu Micki karena hubungan pernikahan ini membantu Micki mengelola toko dan mengembalikan barang antik terkutuk yang dijual oleh Lewis Vandredi. Tidak jelas apakah Ryan menyukai Micki walau dia seringkali terlihat cemburu bila Micki dekat dengan pria lain. Di salah satu episode (The Quilt of Thor part 1 & 2), Ryan rela mengikuti suatu sekte keagamaan karena mencintai seorang gadis pengikut sekte tersebut. Ryan juga hampir terbunuh dalam ritual penyembahan setan dan kembali menjadi kanak-kanak di akhir musim tayang kedua. Perannya kemudian digantikan oleh John Ventura di musim tayang ketiga.

3. Jack Marshak (diperankan oleh Chris Wiggins)
Teman Lewis Vandredi ini adalah seorang ahli benda purbakala dan literatur kuno mengenai penyembahan berhala dan agama pagan. Mengetahui Lewis telah tewas dan mewarisi toko antik kepada keponakannya, Jack memberitahukan pada Micki dan Ryan bahaya dari benda-benda antik yang dijual Lewis. Berkat pengetahuannya, Jack berhasil mengalahkan para penjahat yang memegang barang antik tersebut.

Episode Favorit

Diantara episode-episode yang tayang, ada beberapa yang menjadi favorit saya. Salah satunya yang berhasil saya dapatkan adalah episode 13 o’clock episode ke-9 musim tayang kedua. Episode ini berkisah tentang pemilik sebuah jam poket antik (berisi kutukan tentunya). Jika si pemilik jam mengambil tumbal nyawa saat tengah malam, maka tepat pukul satu dinihari angka 3 akan muncul di sebelah angka 1 romawi. Saat itulah waktu di seluruh dunia akan terhenti selama satu jam penuh kecuali si pemegang jam. Selama itu dia leluasa merampok barang, mengambil uang orang lain, bahkan membunuh tanpa ketahuan. Hmmm.. terus terang saya membayangkan, inilah yang terhebat dari semuanya. Maksud saya, ayolah! menghentikan waktu! saya saja sempat berkhayal untuk memiliki benda tersebut.😀

"1. Si pemilik mencari calon tumbal"

"1. Si pemilik benda antik mencari calon tumbal"

"2. Kemudian dia membunuh korbannya"

"3. Tepat jam 1 dinihari, muncul angka 3"

"4. Waktu berhenti selama sejam penuh, dia leluasa melakukan apa saja"

Selain itu yang saya ingat ada selimut yang dipakai seorang istri di sebuah kelompok sektarian agama untuk membunuh selingkuhan sang suami dalam mimpinya. Ada juga koin yang sanggup membangkitkan orang yang telah mati. Episode terhoror adalah saat Micki menyelamatkan Ryan yang diculik sebuah kelompok pemuja setan untuk membangkitkan iblis dari neraka.

Musim Tayang dan Rilis DVD

Serial ini bertahan selama tiga musim tayang. Karakter Ryan yang diceritakan kembali menjadi anak-anak digantikan oleh John Ventura di musim tayang ketiga. Mulai tayang di Amerika di tahun 1987, dan karena rating yang terus menurun serta kehilangan popularitas, serial ini berakhir di tahun 1990.

"Cover DVD musim tayang pertama"

DVD serial ini dirilis sekitar tahun 2008 lengkap hingga musim tayang ketiga. Tapi saya belum pernah menemukan DVD serial ini di toko video manapun, dan juga di toko bajakan. Nah, jika anda ingin bernostalgia dengan serial horor ini, tak ada salahnya menonton kembali sepak terjang mereka bertiga menantang bahaya dan kematian merebut benda-benda terkutuk itu.😀

@windddo : dari berbagai sumber.

Comments
  1. alfi mona adib says:

    saya jg kangen banget film friday the 13th ini, saya inget waktu film ini saya masih duduk di bangku SD kelas 5, tapi saya dan kakak-kakak saya rajin nonton film ini…. bs ga ya di putar ulang….

  2. anto1977 says:

    Ya kiira2 bisa diputer lagi gak ya film ini, in film horor terbaik menurut saya…
    Saya berharap sekali film ini ditayangkan lagi….

  3. anto1977 says:

    Apakah ada yg menjual copynya? brp harganya? thx

  4. dari youtube ada gk ya??

  5. Ling says:

    bg yg pny, minta link donlod-nya dong…

  6. kristin says:

    mana gan link ko kaga bisa tuhh .pengen lihat lagi .soalnya buat nostagia film jadul masih di sd.wkwkwwkk

  7. Amri bandar labuhan says:

    Siapa saja yg dapat bantu saya mndapatkan dvd film seri friday 13th tlng hub saya y di 085370875221 saya mau bernostalgia dgn film yg saya gemari waktu kecil

  8. Iyaaaaa ingat banget dengan film ini secara setiap jumat selalu hadirrr

  9. Kris Sanggi says:

    mau dunk download, atau DVD nya jg mau.. hehehehe..

  10. Di'Q Indra says:

    film fav. wktu aku cilik…… hheee

    pengen ntn lagi

  11. bejo says:

    menurut gw msh lebih serem filmnya freddy kruger (nightmare at the elm street klo gk slh ntu judul aslinya), bayangin abis nonton tu pilem .. gw ampe gak bisa tidur karena emang gak pengen tidur,takut mati dibunuh freddy di dlm mimpi !!

  12. taufik386 says:

    yap, series yang bikin nostalgia banget.
    kebetulan dah punya ketiga season, hasil download.

  13. andiana says:

    mantap! seru bernostalgia dengan serial yang satu ini🙂 thanks ulasannya. mau cari deh DVD-nya.

  14. nani suryo soemarto says:

    suka n kangen film ni….🙂

  15. nonton di youtube aja🙂

  16. dewi adianti says:

    Lagi kangen sama drama seri Friday the 13th, pas lg buka2 Google buat ambil pic nya, ekh ada tulisan ini.
    Thanks ea,, Ǘϑäђ mengingatkan kembali,,

  17. ratu says:

    saya nonton di youtube bisa…

  18. nova merina says:

    Saya berharap film horor friday 13th ini ditayangkan lagi.please..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s