Keramaian Menjelang Imlek di Glodok

Posted: January 16, 2012 in Travel
Tags: ,

HARI MINGGU (15/01/2012), saya berniat hunting assesoris untuk komputer di Plaza Pinangsia daerah Glodok, Jakarta Barat. Karena hari itu bertepatan dengan seminggu lagi menjelang Tahun Baru Cina atau Imlek, maka saya penasaran ingin “mengintip” suasana dan orang-orang yang sibuk mempersiapkan perayaan tahun baru di salah satu daerah Pecinan terbesar di Jakarta, yang mayoritas penduduknya adalah keturunan etnis Tionghoa. Kemudian saya menuju Pasar Glodok. Sepanjang Jalan Pancoran, sudah terlihat keramaian orang-orang dan pedagang yang kebanyakan pedagang dadakan tumpah ruah dan memadati jalan dan lorong pertokoan. Kendaraan seperti motor, bajaj, dan roda empat kesulitan berjalan menembus keramaian.

Tahun 2012 menurut kalender lunar Cina merupakan tahun Naga dengan elemen Air. Maka tak heran kalau kebanyakan pedagang pernak-pernik dan hiasan Imlek kebanyakan bertema Naga. Sepanjang jalan, pedagang menjajakan lampion, hiasan gantung, angpao, baju tradisional Tionghoa, yang hampir semuanya bertema Naga. Selain itu, hiasan yang biasa dijumpai adalah ikan, batangan dan koin emas, lampion berbentuk nanas, petasan dan bunga sakura. Semuanya melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan harapan akan berlimpahnya rezeki di tahun yang baru.

Selain hiasan imlek yang sudah biasa dijumpai, ada juga penjaja makanan khas Imlek seperti misalnya kue keranjang, manisan, dan gula-gula. Konon menurut kepercayaan warga keturunan Tionghoa, Dewa Dapur setiap tahun akan memberikan laporan kepada Kahyangan keluarga mana yang bersikap baik dan pantas diberikan rezeki. Oleh sebab itu disuguhkan makanan kesukaannya yaitu makanan yang manis agar laporan Dewa Dapur juga “manis”. Selain itu dijual juga kura-kura hidup. Kura-kura adalah perlambang panjang umur. Diharapkan penguhuni rumah diberikan usia yang panjang dan kesehatan. Kemudian, jeruk yang berwarna kuning keemasan juga melambangkan kemakmuran, oleh karena itu banyak juga pedagang yang menjual buah jeruk sebagai pelengkap tahun baru Imlek.

Nah, demikianlah suasana menjelang Tahun baru Cina di Glodok. Untuk yang merayakan, saya mengucapkan: Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le!.

-2012- Follow my twitter: @windddo

Comments
  1. idenyaandi says:

    ehm VCD apa tuh?? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s