Tiga Wajah Cantik Untuk Label Internasional

Posted: September 11, 2010 in Lain-lain
Tags: , , , , , ,

Sebenarnya agak terkejut juga. Tahun 2010 ini saya melihat ada pergeseran dalam strategi promosi beberapa merek internasional dalam hal mengiklankan produk mereka. Ya! saya melihat setidaknya ada tiga wajah cantik populer Indonesia yang didapuk sebagai model produk yang biasanya kita lihat selalu memajang artis internasional dalam iklan-iklannya. Tiga pemilik wajah cantik itu adalah: Dian Satrowardoyo, Laudya Cinthya Bella, dan Sherina Munaf. Masing-masing mewakili produk dari L’oreal, Garnier, dan Maybelline. Entah apa yang menjadi keputusan para penjual produk-produk itu untuk memasang wajah yang Indonesia banget, alias bukan berdarah blasteran kaukasia ataupun supermodel-supekurus yang sering menjadi model iklan di Tanah Air. Yang pasti, sebenarnya cukup membanggakan bahwa wajah cantik milik publik figur berprestasi dan bertalenta Tanah Air dipercaya menjadi brand ambassador merek-merek internasional tersebut, walau mungkin saja ini adalah salah satu strategi pemasaran agar produk mereka lebih bisa diterima dan dibeli lebih banyak lagi oleh masyarakat di dalam negeri. Nah, mungkin saya bisa menemukan alasan mengapa para pengiklan memasang wajah mereka.

1. Dian Sastrowardoyo untuk Elseve dari L’oreal

Dian Sastro untuk L'oreal

Sejak pertengahan tahun, saya tidak lagi melihat wajah Penelope Cruz, Eva Longoria, maupun Laetitia Casta, tiga ikon model perawatan rambut Elseve dari L’oreal wara-wiri di layar kaca sambil mengibaskan rambut tebal, panjang, dan mengilap mereka. Sebagai gantinya, muncul wajah ikonik Dian Sastro yang bertahun-tahun sudah dikenal sebagai duta sabun kecantikan Lux, dan belakangan menjadi model beberapa ponsel keluaran Samsung. Takjub juga melihat di iklan itu, wajah Dian Sastro dan penampilannya, menurut saya layak disejajarkan dengan Penelope Cruz maupun Eva Longoria. Mungkin mereka memilik standar dalam pembuatan iklannya sehingga hampir tak sedikitpun Dian terlihat lebih inferior dari iklan milik Cruz atau Longoria.

Tak perlu bertanya sebenarnya kalau sebuah produk memutuskan untuk meminang Dian Sastro sebagai perwakilan mereka. Reputasinya sebagai publik figur nyaris tanpa cela. Susah sekali menemukan keburukan Nyonya Sutowo ini di berita-berita infotainment. Selain itu, Imej baik yang dipertahankannya bertahun-tahun sejak menginspirasi banyak remaja putri untuk menyukai puisi melalui tokoh Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta itu, memang membuatnya pantas menduduki predikat aktris papan atas di Tanah Air. Walaupun sebenarnya Dian Sastro terlihat terlalu pemilih dalam membintangi film dan belum ada filmnya yang benar-benar hit menduduki box-office Indonesia, ataupun membuatnya dinominasikan dalam penghargaan lewat aktingnya beberapa tahun belakangan.

2. Laudya Cinthya Bella untuk Garnier

Bella untuk Garnier

Pemilik kulit putih, wajah cantik pasundan, dan mata besar itu kini terpajang sebagai model produk perawatan kulit Garnier terbaru, menggantikan Zhang Ziyi dan beberapa model asia lainnya yang sering kita lihat di televisi mengiklankan manfaat produk itu dan fasih berbahasa Indonesia (alias, gerak bibir tidak sinkron dengan apa yang diucapkan).

Lagi-lagi, walau banyak ratu penguasa jagat sinetron Indonesia, reputasi Bella yang sering memerankan peran protagonis dalam sinetron stripping, dan juga membintangi beberapa film, belum lagi kerja sampingannya sebagai penyanyi membuatnya menjadi artis wanita yang supersibuk dan terkenal. Selama pengamatan saya, Bella cukup beruntung tidak menjadi korban gosip miring Infotainment selama bertahun-tahun. Termasuk saat dia lebih dulu putus dari Ananda Mikola sebelum dia dihantam kasus pemukulan bersama kekasihnya yang baru. Hubungan percintaannya pun tidak pernah diekspos secara berlebihan sehingga kesan tukang gonta-ganti pacar tidak terlalu menempel padanya. Kita juga bisa melihat profesionalisme Bella saat harus bekerja sama dalam proyek musik dan film bersama mantan kekasihnya, Raffi Ahmad.

3. Sherina Munaf untuk Maybelline New York

Sherina untuk Maybelline

Tidak menyangka bahwa gadis rockstar dalam iklan terbaru Maybelline adalah Sherina! wow! cuma itu yang bisa saya bilang saat melihat iklan dengan pengambilan gambar yang bagus, performance panggung yang keren, sampai akhirnya dia menunjukkan senyum inosen-nya yang cantik di akhir iklan.

Sherina Munaf adalah seorang artis muda yang transisi karirnya dari artis cilik menjadi artis remaja dan dewasa cukup mulus. Siapa yang tak kenal gadis lucu, cerdas dan nekat dalam film Petualangan Sherina? setelah itu, dia mengeluarkan beberapa album yang menandakan eksistensi dan transisinya menuju kedewasaan dengan lagu-lagu yang cukup diterima di masyarakat. Belakangan album Gemini nya sukses dipasaran dengan lagu-lagunya yang menjadi hit. Gosip tak sedap tak pernah menghampirinya. Performa di atas panggung sangat orisinal tanpa harus mencontek siapapun. Terus berprestasi dengan lagu dan suaranya tanpa harus berkoar-koar tak perlu. Tak heran, walau sempat berdandan ala gotik dengan rambut super pendek, predikat gadis baik-baik tetap melekat pada dirinya.

Jadi, ketika seorang bintang menjadi ikon sebuah produk, di negeri yang katanya orang belum fasih membedakan antara peran di sinteron dan kehidupan nyata ini, sudah pasti bukan hanya kecantikan wajah ataupun kesempurnaan fisik yang menjadi ukuran. Ketika imej sempurna menjadi barang langka belakangan ini setelah beberapa artis terbongkar perilaku nyelenehnya, maka para pengiklan harus berhati-hati mencari sosok yang bisa mewakili mereka dengan imej bagusnya. Mungkin itu sebabnya, ada artis wanita muda yang mendewakan prestasi, terlihat tidak cukup baik untuk mewakili sebuah merek internasional, karena sesungguhnya orisinalitas pun dibutuhkan dalam menelurkan prestasi, bukannya menjadi plagiat sejati mencontek sana-sini dengan alasan terinspirasi. Yeah! saya membicarakan anda, Agnes Monica… selagi Sherina melaju dengan rangkaian produk yang membuatnya terlihat semakin cantik, teruskanlah memakai shampoo murahan dan salep kulitmu itu.

Comments
  1. samandayu says:

    hohoho saya suka artikel ini dan seratus persen setuju! saya suka ketiga artis cewek ini terlebih iklan Maybeline, gila bagus banget! apalagi dian sastro yang memang akan selalu mahal dan elegan karena ia tak sekemaruk si penyanyi itu (ya, agmon) yang apa2 dihabeuk. 3 bintang ini jadi ikon internasional apa cuma buat area asia aja? meski di areal asia, bangga banget bisa bawa Indonesia. meski di sisi lain saya juga mikir kalau target market si produsen barangkali memang di Indo yang notabene memiliki letak geografis yang besar. terlebih dengan pupulernya ketiga artis itu. kalau saya mau berdangkal ria lagi, nggak hanya keturunan cina yang wara-wiri mengisi semesta bumi. tapi orang melayu (indonesia malaysia)..

  2. gerbongtiga says:

    Hm… belum tahu. Mungkin di TV luar juga disiarkan walau sebatas asia. Pas googling sih, untuk Sherina,menurut perwakilan Maybelline Indonesia, tidak menutup kemungkinan ditayangkan di luar negeri. Bisa disimpulkan baru bisa dinikmati konsumsi dalam negeri.

  3. Flash Gordon says:

    Sepanjang yang saya perhatikan, meski ketiga nama ini membawa brand internasional tetapi teritori-nya masih sebatas zona Indonesia saja. Di Singapura atau Malaysia, brand ambassador untuk Maybelline, Loreal dan Garnier justru wajah2 yg tidak saya kenal. Oh ya, saya pernah melihat wajah Indonesia lain-nya untuk iklan yg tayang di Singapura & Malaysia yaitu Anggun untuk brand P&G.

  4. gerbongtiga says:

    Sepertinya anda benar. Anggun yang prestasinya lebih menginternasional pasti lebih dikenal minimal di regional serumpun. Dulu yang saya tahu malah Sarah Sechan sempat dipakai oleh Garnier Nutrisse pewarna rambut saat masih memegang predikat VJ MTV Asia.

  5. marcell says:

    sukses buat produsen brand international ini yang udah sukses milih 3 wajah cantik Indonesia sebagai iconnya …

  6. Nao says:

    Ho..ho..nice article…dan sangat lugas! Anda tidak menutupi bahkan menyamarkan nama artis yang anda sindir…pernah terpikir jadi jurnalis?.

    At least, semoga jadi pembelajaran berarti untuk Agnes…semoga di kedepannya bisa lebih baik.

  7. widsky says:

    tidak terpikir untuk menjadi jurnalis, tetapi telah campur tangan dalam menceburkan adiknya ke dunia jurnalis hiburan. ihihihhihi….
    *bahkan kadang memberi sumbangsih ide tulisan. uhhuhuuhu… jadi malu. ;p

  8. ARIPJAP says:

    hebat bget indonesia terlebih sherina mudah paling muda diantara bertiga tapi prestasi tak usah diragukan lagi,
    sukses besar album gemini mencapai 600.000 juta kopi dan menyandang sebgai album dg penjualan tertinggi sepanjang tahun 2010 membuatnya menjadi icon produk2 internasional seperti maybelline,baby shine,jam tangan G-shock terlebih sekarang didapuk menjadi bintang iklan Nature-E bersama dian sastro juga.

    *sherina terpilih sebagai Fun Fearless Female 2010 dari majalah cosmo

    bravo sherina bravo perempuan indonesia

  9. saya suka dgn artikel ini berbobot dan di bagian akhir poin nya mengena di sosok artis yg terpojokkan di negri ini sungguh sangat ironis😛 saya setuju dgn Dian sastro yg emg bner2 Exclusive dan expensive krn Background iklan dia Yg dri dulu emg Expensive gak Jauh Dari Sherina….Malah yg Pnh Saya Liat iklan Maybelline Sherina yg Bedak dan BB cream sudah pnh menghiasi Layar Kaca TV TV Asia Tenggara Ex: Malay,Singapore,philippine dan Jepang, dan Sherina telah di dapuk Sebagai Brand ambassador utk Program Debat Remaja dunia “One Young World” di Zurich Swiss Italia ( Check Video di Youtube) Tak Jauh Beda Dgn ANggun Meski Hanya Di Dapuk Utk Perwakilan 3 Negara: Malay,singapore,indonesia di Iklan Pantene & Olay nya, Anggun dan Pihak P&G sbagai Produsen Brand International Pantene,olay,head n shoulders etc di Dapuk oleh Mantan Presiden US ‘Bill clinton’ sbagai Brands ambassadors Utk” Healthy Water for Healthy life” utk Program Pelestarian Air murni bkn Hanya di Amerika tapi juga berlaku di seluruh Dunia Bersama bbrpa aktris amerika bkn termasuk BA Pantene atau olay dri asia,europe atau US lainya ex( nirina,marissa,agnes dll) bkn Hanya itu Anggun jg pnh Membintangi 2x Brand jam Tangan Mewah Dunia yg berbeda Like: Swatch dan Audemars Piguet…yg Saya pnh dengar dulu Anggun sempat akan di Tawarin Oleh Pihak L’OREAL utk iklan Shampoo Bersama Dian sastro Tetapi Anggun menolak di Karenakan Anggun tdk pnh menggunakan Produk tsb dan Dia berdali Tidak ingin MEMBOHONGI PUBLIK dgn Membintangi Iklan yg dia Sama sekali tdk pnh menggunakan Produk tsb Sampai AKhirnya dia di Tawari iklan dri Pihak P&G sbagai Brand ambassadors “PANTENE” Anggun menerima tawaran tsb krn memang sejak remaja Anggun menggunakan produk tsb. Sungguh Sangat Membanggakan di sekian Banyak nya Artis yg ada di Indonesia ini yg notabene hanya Ngebet Cari Sensasi dgn Ke Alay-an nya dan Gosip Murahan serta Bualan nya itu, tnyta produsen brand international Masih jeli Memilih Artis yg Berkelas Tinggi, elegan, Cantik Luar Dan inner Beauty nya Serta Minim Berita Alay dan Sensasi Murahan nya Like Syah***i,Serta Nyai Momon Garong dgn Koar2 tak berujung nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s