Lagu SNSD Versi Jepang dan Korea. Lebih Suka Mana? (bagian 2)

Posted: November 17, 2012 in Lain-lain
Tags: , , , , , , , ,

PADA bagian pertama tulisan ini, saya sudah membahas dua klip musik SNSD berbahasa Jepang yaitu Time Machine dan All My Love is For You. Sekarang, saya akan membahas beberapa lagu SNSD favorit saya yang dibuat versi Jepangnya. Melebarkan sayap lebih luas, grup yang baru saja merilis single berbahasa Jepang mereka yang berjudul Flower Power ini, rutin pula merilis singel-singel Korea sukses mereka dalam bahasa Jepang. Sebut saja Gee, Oh!, Genie (Tell Me Your Wish), Mr. Taxi, dan Run Devil Run. Selain masalah bahasa yang tentu saja diganti dengan lirik Jepang, klip musiknya pun terkadang harus disesuaikan dengan pangsa pasar baru: masyarakat Jepang dan penggemar yang terbiasa dengan musik ala J-Pop. Ya! membicarakan dua versi berbeda lagu SNSD tak lepas dari cara mereka memvisualisasikannya dalam video klip. Berikut beberapa lagu hits Korea SNSD yang dialihbahasakan ke Jepang yang menjadi favorit saya.

1. Gee

Salah satu lagu paling hits milik SNSD ini video klipnya berkonsep sangat girly dengan outfit yang unyu-unyu (gak tahu harus mendefinisikan dengan kata lain). Selain itu gerakan koreografinya pun begitu fenomenal di kalangan fans mereka. Ketika versi berbahasa Jepangnya rilis, kesan yang terlihat adalah lebih rapi dengan kostum yang setingkat lebih dewasa dari versi asalnya. Gerakan koreografinya tak mengubah banyak dari versi aslinya. Saya sendiri secara lagu lebih menyukai versi berbahasa Jepang karena lebih mudah dinyanyikan. Tapi, untuk video klip, tak ada yang bisa mengalahkan SNSD yang menari dengan boyshorts (celana pendek) berwarna-warni pada versi Korea. Unyu!

Gee Versi Korea

Gee Ver Jepang

2. Run Devil Run

Awalnya, konsep rock dengan dandanan serba gotik menjadi tema video klip lagu Run Devil Run versi Korea. Sepertinya SNSD mencoba bermain dengan alter-ego mereka dari gadis-gadis feminin menjadi gadis pemberontak. Anehnya, kesan “Devilish” justru tidak terasa pada video versi Jepang lagu ini. Saya malah bingung dengan konsep versi Jepangnya karena seperti serba nanggung antara ingin menonjolkan kesan galak, ataukah futuristik. Selain itu, lirik dalam bahasa Korea lebih enak didengar dan dinyanyikan ketimbang versi berbahasa Jepang. Lagi-lagi versi Korea lebih bagus dari Jepang.

Run Devil Run – Korea

Run Devil Run – Jepang

 

3. Oh!

Video klip bertema Cheerleader ini benar-benar mengumbar keenerjikan semua member SNSD. Kesan fun, ramai, dan menggemaskan tertuang dalam klip musik lagu ini. Tahun 2012, dua tahun sejak versi Korea rilis, Oh! diperkenalkan dalam versi Jepang. Mengusung tema yang sama tentang cheerleading, serta koreografi yang tak berubah, versi Jepang terlihat lebih rapi dan terkonsep, baik setting maupun kostum yang dikenakan. Terus terang saja, saya kurang menyukai dandanan rambut SNSD pada video versi Korea, dan lirik lagu lebih mudah dinyanyikan dalam bahasa Jepang. Jadi untuk Oh!, versi Jepang menjadi favorit saya.

Oh! versi Korea

Oh! versi Jepang

 

Kiprah SNSD sebagai girlband papan atas Korea sepertinya akan terus menuai kekaguman hingga tahun-tahun ke depan. Langkah mereka untuk masuk di kalangan penggemar negara Jepang boleh dibilang sangat mulus, terlebih penjualan album dan singel mereka yang fantastis serta lagu-lagunya yang menduduki chart teratas di negara tersebut. Selera boleh berbeda, baik versi Korea atau Jepang, keduanya seperti melengkapi talenta dan kesuksesan sembilan gadis cantik tersebut di jagad hiburan.

@windddo

About these ads
Comments
  1. hime says:

    artikelnya bagus :3
    setuju deh sma apa yg kmu blg, kcuali 1 yg lagu Oh! saya lbh suka yg ver korea, tp utk mv nya saya lbh suka yg ver jepang :)
    oh y, sedikit ralat aja y.. lagu mr.taxi lbh dulu dbuat dgn bahasa jepang, stlh itu baru dbuat ver korea..
    makasih infonya, sgt menarik :)

  2. Gunawan meidianto says:

    Kok cuma 3 lagu jak , yg lainnya mana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s