SADAKO 3D: Video Kutukan Kini Tersebar di Internet!

Posted: September 12, 2012 in Resensi Film/TV
Tags: , , , , , , ,

SEORANG Blogger frustasi karena dikritik oleh pembacanya. Pria bernama Seiji Kashiwada (penampilannya nyentrik ala vokalis band aliran J-Rocks) mendendam dan ingin menebarkan teror kematian kepada pembencinya. Terobsesi ingin membalas dendam, dia mencoba membangkitkan kembali arwah Sadako dan menayangkan secara langsung proses bunuh dirinya sendiri melalui internet. Tak lama, setiap orang yang menyaksikan tayangan langsung bunuh diri Kashiwada pun tewas. Segera, beredar rumor mengenai video kutukan yang membuat orang yang menontonnya mati mengerikan. Banyak orang tidak percaya mengenai hal ini, termasuk Akane, seorang guru SMA, sampai salah satu muridnya tewas bunuh diri tak lama setelah menonton video terkutuk itu. Bersama Takanori, kekasihnya, Akane mencoba menyelidiki penyebar video tersebut. Sementara itu, nyawanya pun kini dalam ancaman roh Sadako yang mengincar tubuhnya. Lalu, apakah motif dari Sadako yang ingin mengambil alih tubuh Akane?

Nama Sadako menjadi fenomenal sebagai hantu wanita berambut panjang yang meneror siapapun yang menonton videonya di film Ringu (Ring), (1998). Film horor Jepang yang mengusung genre atmospheric-horror ini sukses besar menakut-nakuti penontonnya hingga dibuat beberapa sekuel termasuk dua film versi Hollywood. Adegan hantu Yamamura Sadako yang merangkak dari dalam sumur dan keluar melalui layar televisi menjadi salah-satu adegan film horor klasik sepanjang masa. Namun, apa jadinya jika hantu Sadako berkeliaran di era serba digital dan internet tanpa media VCR-player seperti sekarang ini? Diceritakan, video kutukan itu menyebar melalui situs internet. Namun, tak semua orang bisa mengaksesnya. Hanya beberapa orang yang ‘sial’ yang dapat menonton video bunuh diri Kashiwada sampai akhirnya Sadako muncul dari layar perangkat apapun yang digunakan untuk menonton. Terdengar konyol? mungkin. Apalagi digambarkan Sadako lebih agresif mengejar Akane dan muncul dari banyak layar. Mulai dari layar komputer, TV, ponsel, hingga layar superbesar advertorial di gedung-gedung.

Seharusnya, ide Sadako kembali dibangkitkan, apalagi dalam format 3D, akan sangat menakutkan. Juntaian rambut panjang dan tangan menggapai-gapai dari dalam layar televisi tentu akan menimbulkan kesan realistik dan mengejutkan apabila serius ditampilkan dalam gambar tiga dimensi. Akan tetapi, kemunculan Sadako di film yang awalnya diadaptasi dari novel karya Suzuki Koji ini malah meninggalkan kesan lebay dan berlebihan. Kembali lagi ke awal, film Ring bukanlah film penampakan. Atmospheric-horror lebih banyak membuat adegan dengan suasana misterius, mencekam, hingga penonton merasakan diri merinding akan kehadiran lelembut dalam film. Di film Ring, Sadako sendiri tidak muncul hingga akhir cerita. Sedangkan Sadako 3D malah menampilkan si hantu secara sporadis dan berlebihan, macam dedemit dan pocong di film-film horor Nayato (blah!). Belum lagi, hampir sepertiga akhir durasi film Sadako 3D malah menampilkan kejar-kejaran antara Akane dan monster-mirip Sadako yang muncul dari dalam sumur dengan jumlah banyak. Oh, sekarang saya seperti menonton film jenis creature-horror macam Alien. Sutradara Hanabusa Tsutomu seolah gamang mengarahkan film yang mungkin (maunya) dibuat seperti horor kontemporer kekinian. Yah, Penggambaran tokoh-tokohnya yang seolah tak bisa lepas dari internet seperti kebanyakan anak muda sekarang, terlihat sekali ingin menyasar segmen ABG yang empat belas tahun lalu belum ‘ngeh’ dengan Ring.

Sadako 3D (2012) | Kadokawa Shoten Company | Sutradara: Hanabusa Tsutomu | Penulis: Ishihara Satomi | Pemeran: Ishihara Satomi, Seto Koji, Yamamoto Yusuke | Durasi: 96 Menit

Akane dan Takanori mencoba menguak misteri video Sadako

Akane dan Takanori mencoba menguak misteri video Sadako

Yamamura Sadako

Yamamura Sadako

Poster Film Sadako 3D

Poster Film Sadako 3D

@windddo

About these ads
Comments
  1. dhita says:

    sadakonya kok cantik?

    • gerbongtiga says:

      Sadako itu waktu hidupnya cantik. Tapi pas keluar dari sumur, setelah berubah jadi hantu, gak ada cantik-cantiknya… hahahah… trims udah mampir. :) Film Sadako 3D masih diputar di jaringan blitzmegaplex

  2. wah, pengen liat Sadako 3D nya euy….

  3. rethy says:

    rajanya mirip kelabang

  4. Kate Kate says:

    w gak percaya masah ada vedio ktukan…..he he……?w percaya klo nyawa w ada di tahan alla
    h…….

  5. nia sone snsd says:

    Sifatku. Kyyk sadako abis nonton filmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s